Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
843


Bencana alam seperti gempa, tsunami, longsor, gunung meletus dan sebagainya, datang tanpa terprediksi. Sepanjang tahun 2018 saja, Indonesia dilanda sederetan bencana alam yang cukup besar. Baik letusan gunung berapi, longsor, dan juga gempa berkekuatan hingga 7 skala richter pun datang bertubi-tubi. Besar kerugian yang ditimbulkan pun tak terhitung jumlahnya.

Sebagai bagian dari warga negara, kita pastinya berharap supaya bencana alam di Indonesia segera berhenti. Meskipun harapan ini terbilang mustahil, tapi setidaknya bencana alam dalam skala besar sebagaimana terjadi di tahun 2018 silam jangan lagi terjadi di tahun mendatang.

Di balik harapan baru di tahun mendatang, siapa sangka jika kita sedikit digentarkan dengan prediksi yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru-baru ini.

Seperti dikutip Tribunnews.com, BNPB mengungkapkan jika bencana alam akan terus melanda berbagai wilayah di Indonesia. Bencana yang diperkirakan terjadi diantaranya banjir, longsor, dan angin puting beliung. Akan ada juga erupsi gunung berapi dan kekeringan di beberapa wilayah.

Bencana alam seperti banjir, longsor, dan putting beliung diperkirakan akan terjadi pada musim penghujan di awal dan akhir tahun 2019. Sementara kekeringan akan terjadi pada bulan Juni, Juli, Agustus, September dan Oktober.

“Pada tahun 2019 erupsi gunung berapi juga terjadi. Namun, waktunya saya tidak tahu. Salah satu gunung berapi yang akan erupsi adalah Gunung Krakatau. Apakah gempa bumi akan terjadi? Yah, bisa saja terjadi, tapi kami tidak tahu kapan waktunya,” ucap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB saat menghadiri acara Spirit of Humanity Forum 2018 yang digelar PKPU Human Initiative di Wisma Antara, Jakarta Pusat.

Untuk menanggulangi bencana ini, BNPB mengaku sudah melakukan persiapan kebencanaan. Salah satunya dengan menghimpun dana bantuan dari masyarakat dan kembaga kemanusiaan.

“Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), maka kami akan mengumpulkan lembaga kemanusiaan, organisasi masyarakat, dan kementerian untuk membicarakan bantuan yang tepat guna bagi korban bencana alam. Koordinasi ini perlu dilakukan untuk memudahkan solusi mengatasi bencana,” ucap Sutopo.

Baca Juga :

Dahsyatnya Gempa Palu, Gereja Patmos Sigi Ini Bergeser 3 Kilometer dari Posisi Semula

Humas BNPB Yakini Rumah Ibadah yang Tak Hancur Diterpa Gempa Pertanda Kuasa Tuhan Nyata

Meskipun bencana alam tidak bisa diprediksi, setidaknya kita berharap jika pemerintah bisa melakukan pemetaan dengan alat yang lebih canggih. Sebab dengan pemetaan yang akurat, pemerintah setidaknya bisa memberikan himbauan kepada masyarakat terkait tanda-tanda alam yang mengarah kepada bencana. Dengan itu, kita bisa menekan kerugian dalam jumlah besar.

Tak hanya usaha, kita juga perlu meningkatkan doa perlindungan dan penjagaan terhadap Indonesia. Supaya di tahun baru nantinya semua orang bisa hidup dengan aman dan nyaman.

Sumber : Tribunnews.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

0 Answer

Supkariadi 19 January 2020 - 05:57:54

Hidup berjemaat yang baik itu seperti apa ?

0 Answer

Supkariadi 19 January 2020 - 05:52:15

Pengertian berjemaat dalam sebuah gerejs

0 Answer


King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Varris Sitio 7 January 2020 - 10:34:31
Syaloom, mungkin ini kedengaran seperti biasa namu... more..

Banner Mitra januari 3


7265

Banner Mitra januari 3