Dahsyatnya Gempa Palu, Gereja Patmos Sigi Ini Bergeser 3 Kilometer dari Posisi Semula
Sumber: Reuters.com

Nasional / 4 October 2018

Kalangan Sendiri

Dahsyatnya Gempa Palu, Gereja Patmos Sigi Ini Bergeser 3 Kilometer dari Posisi Semula

Lori Official Writer
4915

Gereja Patmos kini hanya tinggal reruntuhan pasca gempa dahsyat yang melanda desa Jono Oge, Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat (28/9) lalu. Hanya tersisa puing-puing bangunannya saja di atas tanah. Bahkan posisi gereja ini tak lagi sama seperti semula lantaran gempa berkekuatan 7.4 skala richter (SR) itu membuat gereja bergeser sejauh 3 kilometer.

Sebuah potongan gambar Yesus Kristus terlihat di reruntuhan Gereja Patmos. Tak hanya itu, sebagian isi gedung gereja juga berserakan di atas tanah termasuk Alkitab.

Seorang warga yang selamat menuturkan bahwa kampung Jono Oge memang tiba-tiba berubah menjadi ladang jagung ketika gempa terjadi. Ladang jagung itu bergeser menuju rumah-rumah warga dan menggeser rumah-rumah dan juga gereja sejauh 3 kilometer.

“Kampung kami tergeser karena gempa, tiba-tiba gempa lalu tanah bergelombang dan datang tanaman jagung,” kata Mery yang berhasil melarikan diri ke bukit saat gempa terjadi.


Mery menuturkan, saat gempa dia sedang ada di dalam kamar mandi. Setelah gempa mengguncang dia segera lari keluar dan naik ke atas bukit. Dari ketinggian dia menyaksikan tanah seakan mendidih dan mulai bergeser. “Itu waktu tanah seperti berjalan, saya tidak tahu Jono Oge sudah kemana itu. Tanah juga keluarkan air sama lumpur tapi ini sudah kering,” terangnya.


Akibat gempa, jalan-jalan di Jono Oge berubah menjadi gelombang-gelombang yang menghancurkan jalanan beraspal.

Sementara berita sebelumnya mengabarkan, di bawah reruntuhan Gereja Patmos telah ditemukan sebanyak 34 jenazah, yang diduga adalah pelajar yang tengah mengikuti Kemah Alkitab. Gereja Patmos sendiri merupakan Pusdiklat Gereja Protestan Indonesia di Donggala (GPID) Patmos Jono Oge. Sementara total pelajar yang dinyatakan masih hilang sebanyak 52 orang.

Turut berduka buat seluruh keluarga korban gempa Palu dan mari berdoa supaya keluarga yang ditinggalkan diberi penghiburan dari Tuhan.

Baca Juga :

Turut Berduka! 34 Pelajar Kristen Ditemukan Meninggal di Reruntuhan Bangunan Gempa Palu

Kisah Kapten Mafella yang Selamat dari Gempa Palu Karena Dengar Suara Roh Kudus

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami