Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
903


Dehidrasi dialami oleh seseorang ketika tubuhnya kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan dengan yang didapatkan. Seperti yang kita ketahui, air merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Sayangnya, tidak jarang dehidrasi ini terjadi tanpa kita sadari sama sekali.

Kita akan minum kalau haus, padahal ketika sedang fokus pada suatu pekerjaan, kita sering tidak merasakan haus sehingga kebutuhan air dalam tubuh sering kurang. Dalam kehidupan rohani, tanpa sadar kita juga sering merasakan dehidrasi ini. Tuhan Yesus pun pernah membahas tentang dehidrasi rohani ini.

Yohanes 7:37-39,

“Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.”

Baca juga : 
Serunya Ngobrol Bareng Choky Sitohang! Ini Lho Ternyata Arti Natal Buat Seorang Choky
Inilah Makna Natal yang Sesungguhnya

Kekeringan atau dehidrasi rohani dirasakan oleh kita ketika berada jauh dari Kristus. Pada Natal ini, ada baiknya kita menilik kembali kesehatan rohani kita. Berikut adalah 5 tanda saat kita mengalami dehidrasi rohani.

1. Tidak berjaga-jaga dengan perkataan

Dalam kesehatan, salah satu ciri orang yang terkena dehidrasi adalah bau mulut. Hal ini mirip seperti kita yang mengalami dehidrasi rohani. Setiap perkataan kita akan mengganggu orang-orang di sekitar karena bukanlah berisi berkat atau mencerminkan pribadi Kristus.

Lukas 6:45, "Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."

2. Tidak memiliki keinginan untuk melayani

Seperti halnya seorang yang mengalami dehidrasi, dimana mereka akan sering mengalami kelelahan, kita yang mengalami dehidrasi rohani juga demikian. Kita akan merasa lelah dan berpikiran kalau pelayanan tidak membuat kita bertumbuh sama sekali. Saat rohani kita mengalami dehidrasi, maka pelayanan yang kita jalani juga akan ikut terpengaruh.

Ketika kita merasakan tidak lagi memiliki semangat dalam melayani Tuhan, ingatlah doa Rasul Paulus yang ditujukan bagi orang-orang Filipi, dimana kelimpahan kasih Tuhan akan datang karena pertumbuhan kita di dalam Kristus dalam Filipi 1:9-11.

3. Mudah tersulut amarah

Kekurangan cairan dalam tubuh seseorang dapat meningkatkan suhu tubuhnya. Ketika kita sering tersulut emosi, sangat tempramen, dan tidak merasakan damai sejahtera, bisa jadi itu adalah tanda kekurangan air yang hidup, yaitu Kristus.  

Baca juga :
5 Trik Mengajarkan Makna Natal Kepada Anak
4. Kesulitan mengontrol diri

Saat seseorang menderita dehidrasi yang cukup ekstrim, maka ia akan mengalami kejang otot. Otot-otot mereka akan berkontraksi dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Obat yang paling manjur untuk menyembuhkan tanda dari dehidrasi ini adalah dengan mengizinkan Roh untuk mengendalikan hidup kita, sehingga kita bisa mengendalikan kedagingan yang biasanya sangat dekat dengan dosa.

5. Sering mengambil keputusan yang tidak bijak

Namanya juga sakit, setiap kita yang mengalami dehidrasi sering merasakan sakit kepala sehingga tidak bisa berpikir sebaik biasanya. Tuhan mau kita menjalin kedekatan denganNya, sehingga kita bisa mengikuti kehendakNya. Sebab rencana Tuhan selalu indah dan tidak pernah mengecewakan.

Perayaan Natal mengingatkan setiap kita untuk terus mengubah diri menjadi lebih dekat dan lebih baik lagi bersama denganNya. Sudahkah sikap kita mencerminkan pribadi yang sehat secara rohani? Sekarang, tilik kembali sikap dan perbuatan kita.

Kamu diberkati dengan artikel di atas? Yuk, bersama Jawaban.com memberkati lebih banyak orang dengan mendonasi Rp.100.000.- saja. KLIK DISINI UNTUK DONASI.

Sumber : ibelieve.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7261

Banner Mitra November Week 4