Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
392


Standar suara yang kita harapkan sudah berubah. Lihat saja bagaimana tayangan-tayangan film yang memulai adegan awalnya dengan kesunyian menjadi sesuatu yang berbeda saat muncul suara-suara mendebarkan secara tiba-tiba. Bagi penonton, adegan dengan penambahan suara ini akan jadi bagian yang menarik.

Tapi di awal munculnya televisi dan rekaman-rekaman suara, orang-orang di jaman dulu hanya bisa mendengar suara dengan sayup-sayup saja dan berantakan. Beda jauh dengan apa yang bisa kita saksikan di jaman ini. Kita tentu saja takjub dengan tingkat distorsi dan beragam jenis suara yang ada. Para pendengar pun bahkan sudah mulai terbiasa dengan dimensi-dimensi suara baru ini.

Baca Juga :

Apa Kamu Masih Beribadah Seperti Cara Gereja Mula-mula? 7 Fakta Ini Perlu Kamu Tahu…

Aquaman, Superhero yang Mengingatkan Kita Dengan Perjuangan Yesus

Tahukah kamu, proses untuk mendapatkan standar suara yang seperti saat ini tak begitu saja terjadi loh.

Alan Blumlein adalah penemu suara stereo yang saat ini kita dengarkan. Ilmuwan asal Inggris ini mengaku terilhami menciptakan suara stereo setelah dirinya terganggu dengan film berkualitas suara yang sangat buruk. Akhirnya, dia pun mengembangkan teknologi yang disebut dengan suara ‘binaural’.

Sayangnya, karya ciptaannya ini tak langsung diterima oleh pihak lain. Para pemimpin perusahaannya menolak penemuan ini mentah-mentah. Mereka menilai hasil suara ini berantakan. Dia pun diminta untuk berhenti mengerjakan suara stereo tersebut dan fokus pada radar dan televisi.

Meski penolakan itu cukup menyakitkan, namun Alan terus mengembangkan karya ciptaannya itu. Sampai akhirnya suara stereo mulai diterima dan menampakkan kemajuan yang nyata.

Sejak stereo asli dibuat tahun 1950-an, sebagian rekaman masih dibuat dengan suara mono. Beberapa sesi direkam dalam stereo dan mono, tapi banyak musisi dan eksekutif terkemuka yang masih lebih suka dengan suara mono.

Salah satu konduktor terkenal bahkan menganggap sepele dengan stereo. Dia bahkan menyebutnya stereokomik. Seorang penyanyi bahkan menilai suara ini hanya akan merusak suara asli penyanyi.

Tapi seiring dengan pengembangannya, suara stereo berhasil menggantikan suara mono karena kualitas audionya yang lebih baik. Jenis suara ini bahkan membuat suara yang keluar berkualitas sangat natural. Jika orang-orang yang menyepelekan Alan waktu silam masih ada saat ini, tentu saja mereka akan merasa malu dengan pemikiran dan tindakan mereka saat itu kepadanya. Sebaliknya, jika Alan saat itu menanggapi ucapan-ucapan penolakan itu dengan serius dan berhenti mengembangkan karyanya, mungkin saja suara stereo tak akan pernah ada.

Saat ini, kita bisa menikmati kualitas suara yang sangat baik. Meski begitu, kondisi itu tidak mengurangi arti penting dari kontribusi dari orang-orang yang telah membuatnya. Kita masih perlu menentukan seberapa berhati-hatinya kita dalam mendengar. Dan hal ini juga berlaku dalam kehidupan rohani kita.

Yesus sendiri mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam mendengar. ‘Berhati-hati’ dalam bahasa Yunani diartikan sebagai kesungguhan atau keinginan yang kuat. Tentu saja hal ini bukan hanya sekadar masalah kebiasaan. Cara kita mendengar dinilai sangat penting karena saat kita bisa mendengar dengan baik, maka kita bisa menerima berkat dari Tuhan.

Tuhan mau kita mengalami kekayaan rohani dan diberkati dengan berlimpah. Karena itu mintalah supaya Dia membantumu lebih berhati-hati dalam mendengarkan baik firman-Nya maupun perkataan orang lain.

 

 

“Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya.” Lukas 8: 18

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

advertise with us