Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
1839


Sebagai orang percaya, setiap kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Taman Eden. Taman yang disebut sebagai Gan Be'eden dalam bahasa Ibrani ini merupakan lahan yang disediakan Allah bagi Adam untuk menjadi tempat tinggalnya. Kata Eden berarti kesenangan atau pleasure. Setelah Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, mereka diusir dari Taman Eden.

Dalam Alkitab, kita bisa mengenal Taman Eden dari Kitab Kejadian pasal 2 dan 3. Di sana, kita akan menemukan kisah tentang bagaimana Tuhan menciptakan Adam dan Hawa. Kalau kita baca, kehidupan Adam dan Hawa saat itu sangatlah nyaman, sebab Tuhan telah menyediakan segala sesuatunya bagi mereka tanpa harus bersusah payah.

Namun, satu perintah Tuhan adalah untuk tidak memakan buah dari Pohon Pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Kita tahu kalau Hawa terbujuk oleh perangai si ular untuk memakan buah dari Pohon Pengetahuan.

Setelahnya, ia mengajak suaminya untuk memakan buah tersebut dan mereka dikeluarkan dari Taman Eden sebab telah melanggar perintah Tuhan. Sebagai bagian dari pengusiran tersebut, Kerubim malaikat-malaikat kecil dan sebuah pedang berapi dipasang di depan Taman Eden ini. Cara ini bertujuan agar manusia tidak kembali ke Taman Eden dan kembali memakan buah dari Pohon Pengetahuan.

Pertanyaan soal keberadaan Taman Eden

Dalam cerita, taman tersebut terletak di Eden, dimana kemudian Eden menggambarkan sebuah wilayah yang lebih besar. Jadi, Taman Eden merupakan salah satu lokasi yang ada dalam sebuah wilayah yang bernama Eden.

Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.

Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras. Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.” (Kejadian 2:10-14).

Banyak teolog Kristen yang tidak percaya kalau Taman Eden ini tidak berada di muka bumi ini, melainkan berada di dekat surga sehingga lokasi taman ini diidentikkan dengan Firdaus. Sementara pada pemikiran lainnya, ada yang mengacu pada masa Eden telah dihancurkan dalam banjir besar yang terjadi pada masa Nuh. Karena itu, tidak mungkin untuk melokalisir Taman Eden dalam geografi pasca-banjir.

Yang tidak atau belum bisa diidentifikasikan adalah kedua sungai terakhir, yaitu Pison dan Gihon. Banyak dugaan yang menjelaskan bahwa Gihon terletak di Etiopia, karena dalam Alkitab tertulis bahwa sungai Gihon mengelilingi tanah Kush (Kejadian 2:13). Kedua sungai terakhir ini telah menjadi bahan argumen yang tidak ada habisnya.

Untuk penjelasan tentang lokasi Taman Eden yang katanya berada di wilayah Timur, yuk simak ulasan lanjutannya pada Jumat nanti.  

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7276

Banner Mitra September week 3