Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
339


Keberanian adalah salah satu sifat penting yang harus ada di dalam diri seseorang. Hal ini harus dibentuk dari sejak dini. Keberanian tidaklah sama dengan kenekatan, juga tidak terkait dengan pemberontakan.

Seorang anak yang tanpa perhitungan dan pengetahuan melakukan sesuatu tidak dapat dikategorikan anak yang berani. Begitu pula mereka yang memberontak tidaklah dapat dikatakan bahwa mereka adalah seorang anak yang pemberani.

Alkitab tidak pernah mengajarkan orang-orang percaya untuk berlaku seperti hal-hal tersebut (nekat dan memberontak, pen). Alkitab justru mengajarkan keberanian yang dibangun di atas dasar kebenaran Tuhan. Keberanian untuk berdiri di atas firman-Nya meski sekeliling tidak ada yang melakukan seperti itu. Keberanian untuk memberitakan Injil dan hidup saleh.

Baca Juga: Tidak Perlu Ragu, Ajarkan 7 Ayat Alkitab ini Agar Anak Berani Sama Setan!

Lalu bagaimana membentuk anak menjadi seorang pemberani seperti yang Tuhan kehendaki? Berikut 3 tips yang dicantumkan di Alkitab:

1. Ajarkan hidup bergaul dengan Tuhan

Tokoh Alkitab Daniel selain dikenal karena hikmatnya yang luar biasa, tetapi juga diingat karena keberaniannya untuk tetap beribadah kepada Tuhan meskipun pada saat itu ada perintah raja yang isinya adalah untuk melarang orang selama kurun waktu tertentu menyampaikan permohonan doa mereka selain kepada raja. Daniel tidak tunduk terhadap titah raja tersebut. Ia justru tetap setia beribadah kepada Tuhan meskipun harus dihukum dibuang ke gua singa.

Keberanian Daniel ada karena ia hidup bergaul karib dengan Tuhan. Daniel 6:11 berbunyi “Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.”

Jika ingin anak berani maka hidup bergaul dengan Tuhan tidak bisa tidak untuk diajarkan.

2. Latihlah anak untuk berani dengan benar

Keberanian harus dilatih agar bisa menjadi kepribadian. Dari sejak kecil, keberanian perlu dipupuk. Tidak ada yang terjadi secara instan. Ini perlu proses.

Amsal 29:17 dalam versi Kitab Suci Revisi Shellabear 2011 berbunyi seperti berikut: “Gemblenglah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan kegembiraan bagi hatimu.”

Mengakui kesalahan yang dilakukan secara pribadi dan menerima konsekuensinya tanpa menggerutu adalah contoh melatih seorang anak untuk berani dengan benar.

3. Ajarkan lewat keteladanan

Salah satu cara ampuh untuk menanamkan sesuatu kepada anak adalah lewat keteladanan. Jika kita menginginkan anak berani maka kita harus menunjukkan kepadanya keberanian itu di saat keseharian kita bersamanya.

Titus 2:7 berbunyi seperti ini: “dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,”

Jangan pernah bermimpi anak kita akan menjadi seorang pemberani jika kita tidak memberikan keteladanan tersebut. Dengan cara itulah maka buah hati kita akan mengerti secara utuh bagaimana menjadi seorang pemberani yang benar.


Itulah tiga tips bagaimana melatih seorang anak untuk menjadi pemberani yang benar ala Alkitab. Jangan biarkan penyesalan datang karena kita tidak mau mempraktikkan-nya ke dalam kehidupan anak-anak kita. Inilah saat yang tepat untuk melakukannya, bukan besok, atau lusa. Saat yang tepat adalah SEKARANG!

Sumber : Jawaban.Com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us