Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Jika Pun Bukan Kamu, Rencana Allah Akan Tetap Jalan. Ambil Atau Kesempatan Takkan Terulang Sumber : cbn.com

28 June 2018

 1273
[Daily Devotional]

Jika Pun Bukan Kamu, Rencana Allah Akan Tetap Jalan. Ambil Atau Kesempatan Takkan Terulang

2 Tawarikh 16:9a

“Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.”

 

Ayat Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 29; Kolose 2; 2 Tawarikh 16-17

Apakah diantara kamu ingat mengenai kisah Ester yang dari miskin menjadi kaya raya? Saya rasa sebagian dari kamu ingat tentang kisah ini.

Ester adalah seorang gadis Yahudi yang cantik di Susan, ibu kota Persia. Esther harus meninggalkan rumahnya dan menjadi Ratu di sebuah istana kerjaan. Di sana dia mengetahui rencana jahat untuk menghancurkan semua orang Yahudi di seluruh kekaisaran. Mordekai, pamannya juga mendengarkan rencana jahat it, sehingga dalam kesesakannya dia pun mengirim pesan kepada Ester agar Ratu Ester mendekati raja dan memohon untuk membebaskan bangsanya, Yahudi.

Namun mendengarkan hal ini Ester tampaknya ragu-ragu karena dalam peraturan undang-undang raja, bahwa siapun yang masuk  menghadap raja di pelantarannya tanpa diundang  atau dipanggil raja, maka akan berlaku hukuman mati.

Ester pun menyampaikan hal yang sama kepada Mordekhai agar dapat dimengerti, sebab hanya orang-orang yang mendapat uluran tongkat emas dari rajalah yang akan tetap hidup.

Menurut Ester, menghadap raja dan mendekatinya adalah prospek yang cukup menakutkan.

Mendengar hal itu, Mordekhai lalu membalas pesan sang ratu di Ester 4:13-14 "...Jangan kira, karena engkau di dalam istana raja, hanya engkau yang akan terluput dari antara semua orang Yahudi. Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu."

Coba perhatikan kalimat kedua dalam pesan Mordekhai: "Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain,“ dengan kata lain Mordekhai sedang berkata "Saya memiliki keyakinan bahwa Tuhan Bapa kita tidak akan membiarkan umatNya hancur dengan cara seperti ini, sekalipun kamu duduk diam saja, Ester, maka  Tuhan akan menggunakan orang lain agar tujuanNya tercapai. Tapi kamu adalah pilihan pertamaNya dan terserah gimana caramu meresponNya sekarang."

 

Nah, setelah mendengarkan pesan Mordekhai demikian, Esterpun lansung bertekad untuk merespon panggilan Tuhan dengan taat dan menyelamatkan bangsanya.

"...akupun akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati." (Ester 4:16)

Melihat kisah dari Ester, kita memahami satu hal bahwa ketika Tuhan menginginkan sesuatu untuk dilakukan dan sekalipun misi tersebut terlihat mustahil untuk dicapai, Dia tetap mendukung hingga tercapai.

"Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatanNya kepada mereka yang bersungguh-sungguh hati terhadap Dia." (2 Tawarikh 16:9a).

Allah mencari orang-orang yang akan melakukan misinya dengan belas kasihan yang penuh resiko. Dia mencari pria ataupun wanita yang akan menempatkan kehendakNya di atas segalanya dalan hidup.Baik itu sekarang ataupun nanti, mataNya tetap memandang kita, dan Dia tetap menawarkan kesempatan itu pada kita.

Sekarang, respon ada ditangan kita. Apakah kita mau mengambil tawaran Allah atau membiarkannya berlalu? Jika kita nggak melakukannya, maka Dia mungkin akan memilih orang lain.

Rencana Allah akan tetap terjadi dan berjalan, bisa kamu bayangkan ada banyak hal yang kamu lewatkan jika misi itu tidak kamu ambil bukan?

Jadi sekarang, ayo ambil dan lakukan apa yang Allah percayakan untuk kita lakukan sebelum pada akhirnya kita menyesal karena melewatkannya.

 

Dikutip dengan izin dari The God Adventure, oleh Terry Meeuwsen © 2005

Sumber : cbn

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us