Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
592


Presiden Filipina Rodrigo Duterte baru-baru ini membentuk sebuah komite untuk menyusun rencana dialog bersama dengan Gereja Katolik Filipina. Hal ini dilakukan menyusul pernyataan kontroversial yang disampaikan Duterte kepada Gereja Katolik dan juga ucapannya yang dianggap tidak menghormati Tuhan.

Juru bicara presiden Harry Roque menyampaikan hal ini dalam konferensi pers di Kota Davao, Filipina pada hari ini Selasa (26/6).

“Dia membentuk komite 3 orang untuk berdialog dengan Gereja (Katolik). Temanya adalah bagaimana mengurangi keretakan antara pemerintah dan Gereja,” ucap Roque, seperti dikutip dari Rapler.com, Selasa (26/6).

Adapun ketiga orang yang dimaksud terdiri dari Harry Roque, Wakil Menteri Luar Negeri Ernesto Abella, dan juga mantan juru bicara presiden yang saat menjabat sebagai anggota Komisi EDSA Boy Saycon. Saycon sendiri ditugaskan untuk menjangkau Konferensi Waligereja Filipina (CBCP).

Rogue menjelaskan, dialog bersama ini diharap bisa jadi pintu untuk mengajak gereja bekerja bersama pemerintah untuk melayani masyarakat. “Presiden (Rodrigo Duterte) berpikir akan lebih baik membuka dialog karena pemerintah dan gereja hanya melayani satu masyarakat,” katanya.

Baca Juga :

Sadis! Gereja Katolik Filipina Pakai Khotbah Lawan Presiden Duterte

Tak Suka Ucapannya, Duterte Suruh Pembencinya Komplain ke Tuhan

Sayangnya, sesaat setelah dirinya membentuk komite dialog Duterte menyampaikan sambutan yang berisi hujatan kepada Tuhan. Dia mempertanyakan kisah penciptaan Adam dan Hawa dan menyebut bahwa Tuhan itu ‘bodoh’ karena membiarkan godaan merusak ciptaanNya.

Pernyataan ini akhirnya menjadi kontroversi di berbagai kalangan, termasuk munculnya kritik dari pemimpin Gereja Katolik.

Duterte lalu mengklarifikasi pernyataan tersebut pada hari Senin (25/6) kemarin dan menyampaikan bahwa dirinya tak bermaksud menghina Tuhan. “Saya tidak mengatakan bahwa Tuhan saya adalah domba. Apa yang saya katakan adalah Tuhanmu bukan Tuhanku karena Tuhanmu bodoh. Tuhanku punya akal sehat,” ucapnya.

Meski banyak orang tak terima dengan pernyataan tersebut, Roque dalam jumpa persnya menyampaikan pembelaan terhadap Duterte. Dia meminta supaya semua orang bisa memakluminya karena presiden juga hanyalah ‘manusia biasa’.

“Mari kita menerima apa yang dikatakan Presiden dalam konteks kebebasan ini,” terangnya.

Dia juga tak memungkiri kalau pemimpin Gereja Katolik sendiri bahkan menyampaikan kata-kata kasar kepada Duterte selama kampanye 2016 lalu. Namun, presiden menahan diri untuk menanggapinya. “Ada kata-kata menyakitkan yang ditujukan kepada presiden oleh gereja yang tidak ditanggapi selama dua tahun ini,” kata Roque.

Ketegangan hubungan antara Duterte dengan pihak Gereja Katolik diduga munculdari pengalaman tak mengenakkan di masa lalu. Dalam sebuah kesaksian, Duterte pernah menyampaikan bahwa dirinya pernah dilecehkan secara seksual oleh seorang imam Gereja Katolik. Hal ini diduga kuat membuat Duterte kehilangan kepercayaan kepada para pemimpin gereja dan membuatnya sangat kritis terhadap gereja.

Tapi bagaimanapun, sebagai pemimpin negara sudah seharusnya Duterte berdamai dengan masa lalunya dan memimpin dengan cara yang tepat, bukan karena sentimen pribadi terhadap lembaga tertentu. 

Sumber : Bbc.com/Rappler.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us