Gembala yang Baik Menuntun Dombanya, Percayalah KepadaNya!
Kalangan Sendiri

Gembala yang Baik Menuntun Dombanya, Percayalah KepadaNya!

Lori Official Writer
      16287

Mazmur 23: 1-3

TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.


Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 10; Yohanes 20; Kidung Agung 4-6

Apa kamu merasa rentan, gak aman dan terkontaminasi dengan dunia? Seperti diperhadapkan dengan masalah finansial, pernikahan, ketidakadilan atau tantangan hidup sehari-hari? Firman Tuhan menyediakan jawaban yang akan menyegarkan jiwamu. Ada ‘satu pribadi’ yang bisa memulihkan jiwamu yang lelah dan yang bisa membimbingmu dan menjadikanmu sebagai milik-Nya. Inilah yang diungkapkan oleh Daud di dalam Mazmur 23.

"Tuhan adalah gembalaku.” (Mazmur 23 ayat 1) diterjemahkan dalam bahasa aslinya ‘YHWH ra’ah’.

Kata ‘gembala’ yang dipakai Daud di ayat ini kita kenal adalah sebagai sosok pemilik ternak domba yang biasanya akan memimpin domba-dombanya ke padang rumput. Seorang gembala biasanya akan dipekerjakan untuk merawat domba-domba di desa. Daud mengibaratkan Tuhan sebagai gembala.

Tapi di Mazmur 100: 3 mengajarkan kita untuk ‘tahu kalau Tuhan itu sendiri adalah Allah. Dia lah yang menciptakan kita. Kita adalah umat-Nya dan domba-domba di padang rumput-Nya’.

Kita adalah domba-domba Tuhan dan Dia adalah gembala kita. Gembala adalah sosok pekerja keras, yang menghabiskan semua waktunya bagi domba-dombanya. Domba-domba harus mengenal gembala dengan intim dan mereka akan tahu suara-Nya.

Yohanes 10: 27 menggambarkan juga tentang hubungan Yesus dengan gerejaNya. “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku…”

Tahukah kamu kalau Allah punya domba-domba? Ya, Dia lah yang memelihara dan memperhatikan mereka.

Alkitab menggambarkan bagaimana gembala menemui domba-dombaNya dan gembala kita bertemu dengan milik kepunyaanNya.

Gembala kita adalah pribadi yang memberi makan, membimbing dan melindungimu (baca 1 Petrus 2: 1-3; Mazmur 6: 11; Mazmur 46: 1). Tuhan adalah gembala yang sempurna yang melimpahkan kasih karunia-Nya kepada kita. Dia memperkenalkan diri sebagai gembalamu juga hari ini. Apakah kamu akan percaya kalau Dia memberi makan, membimbing dan melindungimu?

Mari memperbaiki pandangan kita tentang Dia. Tahu soal kehadiran-Nya saja sudah cukup. Karena kasih karunia-Nya berlimpah dan bersifat pribadi.

 

Hak cipta Mariel Davenport, diterjemahkan dari Cbn.com

Ikuti Kami