Perbuatlah Ini Menjadi Peringatan Akan Aku
Kalangan Sendiri

Perbuatlah Ini Menjadi Peringatan Akan Aku

Puji Astuti Official Writer
      8014

Lukas 22:19

Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

Bacaan Alkitab Setahun Amsal 2; Yohanes 12; 1 Tawarikh 16-17        

Setiap hari Senin terakhir di bulan Mei, Amerika Serikat memperingatinya sebagai  “Memorial Day” sejenis hari pahlawan untuk menghormati para prajurit yang tewas dalam perang sipil ditahun 1800an. Saat ini, acara “Memorial Day” ini digunakan keluarga di Amerika untuk berkumpul dan menghias makam orang yang mereka kasihi.

Tahukah kamu, bahwa Tuhan juga memerintahkan bangsa Israel melakukan “Memorial Day” untuk mengajarkan kepada mereka terus mengingat perbuatan Tuhan yang ajaib dalam berbagai peristiwa dalam kehidupan bangsa itu. Mereka memperingati Paskah untuk mengingat bagaimana Tuhan membawa mereka keluar dari perbudakan di Mesir.

Ketika Yesus melakukan perjamuan terakhir, itu adalah perjamuan Paskah terakhirnya. Di saat itu Yesus memulai sebuah peringatan yang baru kepada para murid-murid-Nya, yaitu untuk mengingat bahwa hari itu mereka merayakan pembebasan manusia dari dosa oleh karena pengorbanan-Nya dan kematian-Nya di kayu salib. Saat Dia membagikan roti dan anggur kepada para murid-Nya, Dia memerintahkan mereka untuk mengingat Dia setiap kali melakukan hal yang sama.

Bagi Amerika sendiri, peringatan “Memorial Day” adalah sebuah pengingat bahwa makam para prajurit itu adalah kesaksian bahwa negara tersebut tidak melupakan harga untuk terwujudnya negara serikat yang bersatu.

Serupa itu, maka saat kita melakukan Perjamuan Kudus kita mengingat kembali harga keselamatan jiwa kita. Kita menikmati Perjamuan Kudus untuk merayakan pengorbanan Yesus Kristus yang sudah mengorbankan diri-Nya dan memenangkan peperangan atas kematian dan dosa.

Renungan ini digunakan dengan izin dari The One Year On This Day Devotion. (Tyndale House Publishers)  © 2005 Dianne Neal Matthews

Ikuti Kami