Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
3627


Kalau Alkitab melarang keras soal pernikahan berbeda keyakinan, lalu bagaimana dengan kasus dimana sepasang suami istri pergi ke gereja yang berbeda setiap minggunya?

Ada yang berpendapat bahwa suami istri yang pergi ke gereja yang berbeda mungkin akan menimbulkan masalah dalam keluarga, termasuk bagi anak-anaknya. Karena saat suami istri memilih untuk pergi ke gereja yang berbeda, mereka hanya akan membagi keluarganya jadi dua kubu. Akibatnya, lambat laun hal ini akan menimbulkan kondisi yang tak sehat dalam keluarga.

Pendapat di atas tentu saja hanyalah sebuah pendapat yang dipandang dari sisi pada umumnya akan terjadi pada sebuah keluarga yang menghadiri gereja yang berbeda. Nah, untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti mari membahasnya dari sisi Alkitab, terlebih memahami lebih dulu tentang rancangan Tuhan terhadap pernikahan sebagai sebuah lembaga.

Kejadian 2: 24 dituliskan kalau ‘seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.” Mereka bukan lagi dua pribadi yang terpisah melainkan satu. Jadi, ada kesatuan dalam pernikahan yang unik dan suci. Pernikahan juga merupakan gambaran Kristus dan gereja-Nya (orang percaya) sebagaimana dijelaskan dalam Efesus 5: 31-32.

Jadi, saat seorang pria dan wanita bersatu itu adalah simbol dari perjanjian antara Kristus dan orang-orang percaya. Itu adalah perjanjian kekal, kudus dan suci. Penyatuan ini adalah salah satu tujuan paling tinggi dari kehendak Allah di dunia. Tuhan mempersatukan suami istri dalam ikatan Roh Kudus selama mereka ada di dunia ini.

Baca Juga : Picu Konflik Pasangan, Salahkah Pernikahan Beda Gereja?

Berikut beberapa alasan kenapa suami istri yang pergi ke gereja yang berbeda setiap minggu tak mempengaruhi keutuhan rumah tangga dan juga anak-anak mereka.

1. Tak ada ayat di Alkitab yang menuliskan secara jelas soal hal ini

Memang Alkitab ditulis di masa ketika denominasi gereja tak sebanyak seperti sekarang ini. Dan kemungkinan perbedaan gereja bisa menyebabkan perselisihan seperti kita tak selalu menyetujui penilaian ini ya. Ada banyak alasan kenapa pasangan tak bisa sejalan dalam hal gereja. Jadi selama gereja yang dihadiri kedua belah pihak mengajarkan tentang kebenaran firman Tuhan dan juga tentang keselamatan dalam Kristus, keluarga harusnya tak perlu berselisih.

Tapi yang jadi masalah adalah kalau gereja yang dihadiri berbeda secara pengajaran. Mungkin ada baiknya untuk kembali mempertimbangkannya bersama. Atau bila perlu berdoalah bersama dan minta Tuhan untuk membimbing dan membantu kalian memutuskan gereja yang tepat untuk dihadiri bersama.

2. Perselisihan tak akan terjadi selama suami istri menyembah Tuhan yang sama

Walaupun suami istri punya selera yang berbeda dalam sebuah gereja, misalnya selera pujian dan penyembahan rohani, gaya berkhotbah pendeta, cara ibadah dan sebagainya. Tak satupu dari perbedaan ini menyebabkan masalah kalau suami istri sama-sama menghadiri gereja yang didasarkan pada AAlkitab dan yang menghormati Kristus.

Ingatlah bahwa saat kita berpusat kepada Yesus, perselisihan tak akan mampu menghancurkan keutuhan sebuah keluarga. “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 25)

Sayangnya, ada banyak suami istri yang menikah dimana salah satunya dibesarkan dalam gereja Katolik dan yang satunya berasal dari protestan. Dalam situasi ini, akan lebih bijak kalau pasangan dianjurkan tidak menikah. Atau setidaknya memutuskan untuk ikut dengan salah satunya. Karena dua pribadi yang tertanam dalam pengajaran agama yang berbeda seringnya akan sulit berkompromi dan bersepakat.

Bisa saja salah satu pihak menilai keyakinan pasangan tidak alkitabiah. Atau secara sepihak menghakimi gereja yang dihadiri pasangannya. Dalam situasi ini, akan lebih baik untuk menyelesaikan masalah dengan berdoa bersama terlebih dahulu. Andalkan Tuhan untuk menuntun pada pilihan yang tepat soal gereja. Percayalah kalau memang benar-benar mengandalkan Tuhan, tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan dengan cara yang tepat.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7269

Konselor