Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
363


Psioterapi dan penulis buku ‘Mating in Captivity’ Esther Perel sudah kerap memberikan seminar-seminar seputar masalah hubungan diantaranya perceraian dan perselingkuhan dalam pernikahan.

Dalam sebuah pernyataan, Esther menyampaikan alasan kenapa pasangan bahagia justru rentan dengan perselingkuhan. Dia meyakini bahwa ‘ada sesuatu yang salah’ dibalik tindakan pasangan yang memilih untuk menghianati pernikahannya dan bersedia kehilangan semua kebahagiaan yang dijalaninya bersama istri dan anak-anaknya.

Dia percaya bahwa seseorang berselingkuh karena merasa ada sesuatu yang hilang dalam pernikahannya. “Ide umum kita adalah kalau aku sudah menemukan yang tepat, dan kalau bersama seseorang itu aku mendapatkan segalanya, kalau aku mencari sesuatu yang lain, itu artinya ada sesuatu yang hilang. Dan hal itu bisa jadi sesuatu yang hilang dalam hubungan atau sedang merasa tersesat. Perselingkuhan adalah gejala dari kerusakan dalam sebuah hubungan,” ucap Esther.

Dia menambahkan, seseorang bisa berselingkuh karena beberapa faktor diantaranya kesepian, terabaikan, tertolak, dan tidak memiliki kehidupan seksual yang baik. Selain itu, seseorang yang berselingkuh juga bisa disebabkan oleh faktor yang timbul dari dalam diri sendiri seperti bentuk pencarian diri dan mau mencoba hubungan berkali-kali hanya untuk tujuan mencari pengalaman. Dalam hal ini, mereka sebenarnya bukannya karena butuh seseorang yang peduli dengan diri mereka tapi justru karena alasan untuk menemukan jati diri mereka sendiri saja.

Orang-orang yang cenderung berselingkuh dengan alasan untuk menemukan jati dirinya sama sekali bukannya merasa bosan atau kehilangan kebahagiaan. Tapi hanya saja mereka kurang merasa bahagia dengan diri mereka sendiri atau kurang nyaman dengan diri sendiri, merasa gelisah atau ingin merasakan hal baru yang belum pernah dilakukannya.


Baca Juga :

Belajar dari Kelakuan Bu Dendy, Perlakukan Saja Selingkuhan Suami dengan 5 Cara Ini…

Kenapa Istri Bisa Selingkuhi Suami? 5 Alasan Ini Bakal Bikin Kamu Shock…



Orang-orang yang berselingkuh karena alasan ini tentu saja akan terlihat bahagia bersama dengan pasangannya. Seolah tak ada masalah apa-apa, tapi jauh di dalam diri mereka ada keinginan untuk mencari kebebasan diri dan melakukan apa yang mereka inginkan. Kadang kala, saat mereka mencoba berbohong ke pasangannya hal itu dianggap sesuatu yang aneh karena merasa mereka sedang membohongi diri sendiri.

Bisa jadi salah satu pasangan akan mengalami semacam krisis di dalam dirinya ketika sebuah pernikahan tidak dibangun dengan dasar yang kokoh. Seperti kita tahu kalau dalam pernikahan Kristen, setiap pasangan harus mengikrarkan janji suci dan komitmen untuk mau sehidup semati bersama pasangannya. Dan tentu saja janji ini tidak boleh sembarang diingkari oleh salah satu pihak. Apalagi di dalam perjanjiannya pernikahan hanya boleh dilakukan sekali seumur hidup.

Jadi untuk alasan apapun itu seharusnya suami atau istri tak sepatutnya mencoba atau memilih untuk berselingkuh dan menghianati pernikahanya. Karena selain akan kehilangan segalanya, termasuk kehilangan orang yang dicintai, perselingkuhan hanya akan menodai pernikahan suci yang diikrarkan di hadapan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heri Sinuhaji 19 April 2018 - 22:18:43

Adam dan hawa

0 Answer

Barda Simatupang 10 April 2018 - 22:15:21

Korban bakaran

1 Answer

Maria Francisca 9 April 2018 - 21:46:27

Syallom, saya ingin share dan semoga berkenan di r.. more..

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week  3


7412

advertise with us