Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
657


Dalam pernikahan, perselingkuhan adalah dosa yang paling sulit diampuni. Dan hampir dari semua dari kita akan bertanya: Kog bisa ya? Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Guelph, Ontario, Canada pun mencoba untuk mengungkap penyebab perselingkuhan di tengah pernikahan. Dikatakan kalau suami cenderung selingkuh karena masalah kehidupan seksual dalam pernikahannya. Sementara seorang istri akan selingkuh saat dia tak lagi merasakan kebahagiaan dalam pernikahannya.

Kita pasti kaget kalau ternyata istri juga punya kecenderungan selingkuh yang nggak kalah dari suami. Dan belakangan ini masalah perselingkuhan istri semakin heboh diberitakan sejak mencuatnya gugatan cerai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada istrinya Veronica Tan. Gugatan ini dilayangkan karena Veronica dipastikan berselingkuh dengan pria lain.

Di satu sisi, kita pasti merasa shock dan nggak percaya sama pemberitaan ini. Tapi bagaimana pun perselingkuhan adalah persoalan yang cukup rentan terjadi di tengah-tengah pernikahan. Istri bahkan tak luput dari tindakan ini. Pertanyaannya adalah kenapa istri bisa selingkuh? Berikut 5 alasannya.

1. Korban KDRT

Kekerasan dalam rumah tangga adalah alasan pertama seorang istri selingkuh. Istri butuh sosok yang benar-benar mengerti, mengasihi dan memperlakukannya dengan hormat. Itu sebabnya, istri yang mengalami KDRT akan mudah luluh hatinya saat mendapat perhatian dari pria lain.

Psikolog asal New York City Michael E. Silverman, PhD mengatakan bahwa kekerasan dalam rumah tangga sama sekali tidak bisa dihindari dengan cara berselingkuh. Karena perselingkuhan justru akan menambah masalah dalam pernikahan. Akan lebih baik kalau istri yang mengalami KDRT berkonsultasi dengan orang-orang terdekat. Misalnya anggota keluarga, teman atau terapis khusus.

2. Berbeda Pendapat

Perbedaan pendapat antara suami dan istri bsia jadi awal penyebab pertengkaran yang tak ada ujungnya. Misalnya, wi awal pernikahan suami ingin sekali segera punya anak sementara istri masih fokus meniti karir. Perbedaan tujuan ini bisa menyebabkan hubungan suami istri rusak. Lantaran tak mendapatkan pengertian dari pasangan, istri biasanya akan mulai mencari sosok yang bisa mengerti akan tujuan hidupnya.

Dr Silverman mengatakan bahwa masalah dalam pernikahan bisa jadi lahan subur bagi pasangan untuk berselingkuh. Ditambah dengan kurangnya keintiman diantara suami istri. Karena itulah, dibutuhkan komunikas terbuka dan kejujuran dalam hubungan supaya masalah bisa diselesaikan dengan baik.

Baca Juga : Curiga Dengan Pasanganmu Berselingkuh? Ketahui Dengan Melihat Tanda-Tanda Ini

3. Bosan dan Nggak Bahagia dalam Pernikahan

Ada banyak istri yang mengaku bosan hidup bersama suami mereka yang sangat baik. Istri mengaku muak karena selalu dijadikan sebagai role model dari pernikahan yang harmonis oleh banyak orang. Kondisi inipun membuat mereka tergoda untuk berselingkuh tanpa sepengetahuan suaminya. Istri dengan berani berkenalan dengan seorang pria, lalu menjalin hubungan dan menikmai kebersamaan dengan sembunyi-sembunyi.

Istri yang tak bahagia dalam rumah tangganya biasanya akan rela melepaskan semua yang dia miliki, termasuk suami dan anak-anaknya, demi menjalani hubungan barunya dengan pria lain.

Sayangnya, selingkuh karena alasan bosan sama sekali adalah tindakan keliru. Karena kebosanan justru bisa diobati dengan memperbaiki kebiasaan dalam hubungan. Misalnya, mulai melakukan hal-hal atau kebiasaan baru dengan pasangan.

Baca Juga : Selingkuhi Istri Orang, Brian Taruh Malah Dikejar-kejar Rasa Takut

4. Suami workaholic

Pekerjaan dan pernikahan adalah dua hal penting yang harus berjalan beriringan. Karena itu, ada banyak pakar hubungan yang selalu menganjurkan kepada pasangan suami istri supaya selalu menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga.

Sayangnya, ada banyak suami yang lebih mengutamakan pekerjaannya dibandingkan meluangkan waktu bersama istri dan anak-anaknya. Bahkan menikmati suasana romantis berdua dengan istri pun terbilang jarang. Wajar saja kalau istri dengan suami workaholic akan merasa kurang mendapat kasih sayang dan kesepian setiap waktu. Kondisi inilah yang kemungkinan membuat istri berselingkuh.

Mungkin suamimu adalah tipe pekerja keras, berselingkuh bukanlah solusi untuk kamu mendapatkan kasih sayang seperti yang kamu inginkan dari suamimu. Tapi adalah lebih baik kalau mengkomunikasikan hal ini secara langsung kepada suami dan sampaikan bahwa keluarga jauh lebih penting daripada pekerjaannya.

5. Pernah Diselingkuhi

Suami yang berselingkuh lebih dulu, kemungkinan besar juga akan diselingkuhi oleh istrinya. Biasanya perselingkuhan ini dilakukan sebagai pembalasan atas perbuatan suaminya.

Perselingkuhan semacam ini sebenarnya tidak didorong dari keinginan istri sendiri. Melainkan karena rasa sakit hatinya kepada pasangan. Supaya hal ini tak terjadi, suami dan istri harusnya sama-sama saling menghormati dan menjaga kesucian pernikahan. Karena ‘perselingkuhan’ bukanlah hal yang pantas terjadi dalam pernikahan.

Tuhan merancang pernikahan untuk suatu tujuan yang baik. Karenanya, sebuah pernikahan kudus dipersatukan dihadapan Allah dan menyatakan ikatan sehidup semati. Dalam artian, baik suami dan istri harus sama-sama setia sampai akhir hayat. Nggak hanya pasangan yang tak terima diselingkuhi, tapi Tuhan sendiri membenci perzinahan dan percabulan.

“….tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.” (1 Korintus 7: 2)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Seldi Marbun 16 February 2018 - 16:43:26

saya minta dukungan doa untuk rumah tangga dan pek.. more..

0 Answer

T.Susanto Wibowo 15 February 2018 - 19:33:28

Saya minta dukungan doa u/ pemulihan hub. di RT, p.. more..

1 Answer

Manuel Elroy 15 February 2018 - 13:50:24

Shalom, perkenalkan nama saya manuel elroy maridea.. more..

1 Answer


Roxel Cristiancen 17 February 2018 - 07:28:35
Shalom kk dan sodara juga temanku semua. Saya tida... more..

Damai indonesia 16 February 2018 - 06:30:51
Selamat pagi admin jawaban.com saya bukanlah manu... more..

Eva Manurung 15 February 2018 - 15:34:39
Saya mohon dukungan doanya. Mgkn krn pacaran kami ... more..

Penhable 12 February 2018 - 13:42:34
Syalom ,tolong doakan tante saya sedang sakit kank... more..

Banner Mitra Week  3


7374

advertise with us