Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
671


Bagi hampir semua budaya, pernikahan lebih dari sekadar ikatan dari dua orang (suami dan istri) saja. Tapi pernikahan juga melibatkan keluarga kedua belah pihak. Saat seorang wanita menikah dengan seorang pria dan membangun rumah tangga bersama, dia juga harus bisa membangun ikatan kekeluarga dengan keluarga pihak pria (suaminya), baik itu dengan mertuanya, kakak dan adik iparnya.

Mungkin kita banyak mendengar kasus soal masalah menantu mertua, dimana dua-duanya dianggap pihak yang paling sulit akrab setelah pasca pernikahan. Tapi ternyata masalah yang sama juga bisa terjadi ke ipar loh. Apalagi kalau iparmu punya hubungan dekat dengan suamimu, yang adalah kakaknya sendiri.

Nah, supaya nggak terjadi pertengkaran atau selisih paham, penting sekali buatmu untuk bisa menjalin hubungan yang akrab dengan mereka. Cobalah dengan melakukan 15 cara ini:

1. Jadilah orang kepercayaannya

Punya saudara ipar membuatmu harus belajar untuk menjadi teman baik bagi mereka. Mungkin di awal pernikahan, kamu mungkin masih sedikit canggung dengan mereka. Tapi seiring waktu cobalah untuk mengakrabkan diri. Anggaplah mereka saudaramu sendiri dan memperlakukannya juga seperti teman. Nah, kalau hubungan kalian sudah sedekat itu dan mereka sudah sangat terbuka kepadamu. Ada baiknya untuk tetap jadi orang kepercayaan mereka. Jangan sekalipun membocorkan rahasia tentang dirinya bahkan kepada suamimu, yang adalah kakaknya sendiri.

2. Sering-seringlah hang out bareng

Kalau kamu punya ipar cewek, ada baiknya kamu mengajaknya jalan-jalan bareng. Entah itu ke mall, belanja atau perawatan di salon. Kebiasaan bersama akan menumbuhkan kedekatan diantara kalian dan bisa saling memahami satu sama lain.

3. Bertemanlah dengan dia

Punya banyak teman di luar sana harusnya nggak membuatmu menjauhkan diri dari ipar. Seburuk apapun kelakuan mereka, kamu harus tetap berusaha mendekati mereka dan jadi teman yang baik. Cara ini akan membuat mereka merasa kalau kamu adalah ipar yang baik sekaligus bisa jadi teman juga.

4. Hargai semua pendapatnya walaupun kalian sering berbeda

Sering berbeda pendapat soal berbagai hal bukan berarti harus membuatmu nggak respect ke iparmu sendiri. Jangan pikir kalau hanya ide atau pendapatmulah yang paling benar. Karena bagaimanapun, sama sepertimu, dia juga punya sesuatu yang berharga di dalam dirinya.

Baca Juga : 

Tips Agar Bisa Kompak Dengan Saudara Ipar

Tips dan Trik Untuk Makin Akrab dengan Saudara Ipar

5. Rayakanlah ulang tahun iparmu

Sebagai bentuk rasa sayangmu ke keluarga, kamu juga bisa menunjukkannya dengan membuat acara ulang tahun, memberinya kado atau bingkisan yang sudah lama dia idam-idamkan. Dengan itu, pasti iparmu akan menyadari kalau kamu adalah kakak ipar terbaik yang pernah dia punya.

6. Ajak mereka sekali-kali nge-date bareng

Nge-date nggak harus melulu bareng suami dong. Tapi sekali-kali ajaklah ipar-iparmu. Mungkin nge-date buat rencana makan malam bareng atau liburan bareng juga bisa kog.

7. Ajak dia masak bareng

Kalau kamu kebetulan lagi libur atau mungkin di momen weekend, cobalah mengajar iparmu melakukan hal-hal baru yang belum pernah kalian lakukan. Misalnya, mencoba resep masakan baru dengan dia. Libatkan dia dalam prosesnya supaya dia merasa penting dalam proses itu.

Buat kamu yang baru saja menikah, mencoba untuk dekat dengan ipar mungkin akan butuh proses yang agak lama. Tapi akan lebih mudah mencuri hati iparmu kalau kamu benar-benar menganggap mereka sama seperti saudaramu sendiri. Hal lain yang juga perlu kamu sebaiknya jangan lakukan adalah memperlakukan saudara mereka, yang adalah pasanganmu secara dominan. Karena hal ini hanya akan membuat citramu jelek di mata para iparmu.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us