Pengen Jadi Contoh Yang Sederhana Buat Anak? 3 Kebiasaan Ini Wajib Kamu Lakukan!

Parenting / 25 January 2018

Kalangan Sendiri

Pengen Jadi Contoh Yang Sederhana Buat Anak? 3 Kebiasaan Ini Wajib Kamu Lakukan!

Naomii Simbolon Official Writer
2899

Mengasuh anak memang nggak segampang pas kita melihat orang-orang. Dan nggak satupun ibu atau orangtua yang sempurna di dunia ini, kadang kala mereka memiliki kesalahan dan kebiasaan yang salah sehingga anak meniru perbuatan-perbuatan itu.

Yap! Itulah mengapa disebut bahwa orangtua adalah guru sekaligus role model anak yang pertama sejak dia lahir di dunia ini. Jadi jangan heran jika kebiasaan-kebiasaanmu sebagai orangtua, ditiru oleh anak. Dan jangan salahkan anak untuk itu, tetapi sebaiknya kamulah yang perlu berubah dan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang tentu akan berdampak baik bagi sang anak.

Nah, dibawah ini ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan bagi anak khususnya rumahtangga pada umumnya, sehingga akan menjadikan kamu sebagai isteri yang dipuja oleh anak juga suami:

1.   Membersihkan rumah


Kedengarannya sangat sederhana. Tetapi siapa lagi yang menjaga kebersihan rumah kalau bukan kamu? Suami sibuk ke kantor, anak dengan sekolahnya, dan mau nggak mau ibu lah yang harus membersihkannya.

Bersih pangkal sehat. Dengan membasmi sumber kuman, kamu dan seisi rumah tentu akan terjaga dari penyakit.

Dan sekali seminggu, seperti hari Sabtu atau Minggu pagi, cobalah ajak anak-anak dan suamimu untuk gotong royong membersihkan rumah, supaya mereka juga sadar bahwa menjaga kebersihan rumah nggak hanya tanggung jawab kamu atau si ‘mbak’ dirumah, tetapi juga seisi rumah harus sama-sama menjaga kebersihan rumah.

2. Menyiapkan makanan sehat


Yap! Memang sudah kewajiban seorang isteri dan ibu memasak makanan dirumah. Nah, jika kamu memiliki pembantu rumah tangga, sebaiknya jangan biarkan dia sendiri yang bekerja, tapi kamu juga harus ikut serta.

Memasaklah dengan tanganmu sendiri untuk keluargamu, itu akan jauh lebih baik bukan?

Berbelanja jugalah sekali seminggu dan taruh makanan yang nggak habis dimasak di dalam kulkas atau freezer. Banyaklah menyediakan buah atau power bar sehingga anak-anak terbiasa nggak memakan junk food.

Hal ini juga mengajari mereka kebiasaan bahwa kesehatan harus terus dijaga dengan memakan makanan yang sehat.

3.  Mengajar anak-anak supaya beriman kepada Tuhan


Ini hal yang tentu sangat penting. Nggak hanya buat anak tetapi buat dirimu sendiri dan rumah tanggamu.

Buatlah schedule setiap hari untuk melakukan doa bersama anggota keluarga. Entah pagi pas bangun tidur atau malam sebelum tidur. Ajaklah anak-anakmu berdoa, menyembah Tuhan dan sesekali ajar mereka untuk bisa membawakan firman walaupun masih belajar. Ini penting untuk memberi mereka kesadaran bahwa Tuhan adalah landasan iman yang kokoh sehingga saat mereka mengalami pencobaan, mereka tahu harus berseru kepada Tuhan dengan iman.

Nah, itulah 3 hal yang wajib kamu lakukan jika ingin menjadi contoh yang baik dan melihat anak-anakmu bertumbuh dengan baik dan benar.

Mintalah hikmat senantiasa kepada Tuhan, sekiranya kamu menjadi orangtua yang penuh kasih dan bijaksana dalam mendidik mereka untuk kemuliaan Tuhan.

Efesus 6:4:” Dan Kamu, Bapa-bapa, jangan bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami