Berada Di Dalam Kerajaan Kardus dan Barang Rusak
Kalangan Sendiri

Berada Di Dalam Kerajaan Kardus dan Barang Rusak

Puji Astuti Official Writer
      3759

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu52[/kitab] ; [kitab]Marku2[/kitab] ; [kitab]Yesay57-58[/kitab]

Dieter Zander adalah bintang yang sedang naik daun di antara pendeta di Amerika. Dia mempelopori salah satu gereja GenX pertama di Amerika pada tahun 1980an. Kemudian dia mengembangkan "Axis," sebuah pelayanan untuk "Baby Busters" di Willowcreek Community Church di Barrington, Illinois, tempat saya dibesarkan. Di tengah semua kesuksesannya yang besar, dia pindah ke San Francisco untuk membantu pendeta-pendeta dan para pemimpin pelayanan memikirkan kembali pelayanan gereja, terutama kepada generasi muda.

Suatu saat sekitar tahun 1995 dalam satu perjalanan saya dari California Selatan untuk mengunjungi keluarga saya di Chicago, saya pergi ke Willocreek dan melihat Dieter tampil main piano  dihadapan ratusan jemaat usia dua puluhan, termasuk saudara kembar saya yang lebih muda. Saya tidak percaya saat masuk ke tempat kudus itu! Energi di dalam ruangan  itu hampir membuatku tersentak! Sangat keras! Saya merasakan musik berdebar kencang di tubuh saya. Dan pesan dari Dieter membawa sorak-sorai dari jemaat.

Saya bisa melihat mengapa Dieter diminati sebagai musisi, pembicara, dan penulis. Sepertinya semua orang ingin mendengarkannya tampil dan mendengar apa yang akan dia katakan.

Stroke Kasih Karunia

Tapi kemudian Dieter Zander menderita stroke berat dan mengalami koma pada 4 Februari 2008. Enam hari kemudian dia terbangun sebagai orang yang berbeda. Tangan kanannya yang lumpuh tidak bisa bermain piano. Dia tidak bisa menyanyi. Dia bahkan tidak bisa berbicara - kecuali dengan sangat pelan dan menyakitkan untuk menggumamkan sederetan kata-kata yang ia ingin ungkapkan.

Masa Dieter sudah tidak ada lagi. Tepuk tangan yang ia nikmati pun lenyap. Kesempatan untuk menggunakan talenta dan mencari nafkah hilang. Hilang. Sepertinya semuanya sudah habis.

Namun, di dalam Dieter masih orang yang sama. Pikiran cemerlang dan kreatifnya masih melekat. Dia memiliki emosi yang sama, rasa humor yang sama, kecerdasan dan kefasihan yang sama, tapi dia mengalami kesulitan bicara. Ini membuat orang lelah mencoba memahaminya. Satu per satu mereka pergi.

Isolasi terjadi. Dia dipisahkan dari  dunia yang dulu menjadi kehidupannya. Dia berada dalam kurungan isolasi di dalam kepalanya sendiri.

Sendiri, Dieter mendengar suara Tuhan yang tenang dan lembut :"Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah!" (Mazmur 46:10). Bertahun-tahun kemudian dia menulis, "Semua pikiran, ketakutan, lelucon yang tidak bisa aku keluarkan dari kepalaku, Tuhan mendengarnya, aku merasakan penghiburan, kedamaian, dan bahkan tawanya." (A Stroke of Grace oleh Dieter Zander dan LaDonna Witmer.)

Kerajaan Kardus dan Barang Rusak

Tanpa sarana pelayanannya, Dieter belajar menjalani hidup yang lebih sederhana dan lebih lambat. Pekerjaan pertamanya setelah stroke adalah bekerja sebagai penjaga persimpangan untuk membantu anak-anak di lingkungan sekolah. Lalu ia bekerja di Trader Joe's - dimana ia menyapu dan mengatur kardus-kardus, lalu mengirim barang-barang yang di cap rusak namun masih bagus ke Salvatio Army.

Dan Tuhan mengajarkan kepadanya pelajaran baru tentang mencintai sesamanya demi Yesus. Dia menyebut ini Kerajaan kardus dan Barang Rusak.

Ini Tentang Kerajaan Allah

Saya yakin kamu bisa mendengar suara batin Dieter lebih kuat dari sebelumnya! Dia telah menunjukkan kepada kita bahwa untuk menyembah Tuhan bukanlah sesuatu yang kita lakukan di atas panggung -  yaitu dengan cara kita mengasihi orang di dekat kita saat tidak ada yang melihat. Untuk menyembah Tuhan bukan tentang musik keras yang membuat kita merasa gembira dan diberkati - ini tentang membawa diri sejati kita kepada Allah yang benar (Yohanes 4:24). Dalam cerita Dieter, kita melihat contoh seperti apa salib Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Yesus dapat membantu kita masing-masing membawa kerajaan kardus kita sendiri dan barang rusak ke dalam Kerajaan Allah, wilayah spiritual di sekitar kita di mana apa yang Tuhan inginkan telah selesai dilakukan. Bukahkan hal ini berkat! 

"Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus." (Roma 14:17).

Dieter masih bisa melayani Tuhan secara kreatif dan sebagai seniman - bahkan jika terkadang dia bergantung pada seseorang untuk membantunya mengekspresikan perkataannya. Cara utama dia mengkomunikasikan apa yang Tuhan tunjukkan kepadanya hari ini adalah sebagai seorang fotografer.Kamu bisa melihat photoblog-nya di situsnya. Buku Stroke of Grace adalah  buku tipis dari Dieter Zander yang menginspirasi, dan penuh gambar  yang menceritakan kisahnya.

Hak Cipta © 2013 Bill Gaultiere, Ph.D. Digunakan dengan izin.

Ikuti Kami