Cukupkanlah Dirimu dengan Apa yang Ada Padamu Sumber : terang poci

16 August 2017

 9484
[Daily Devotional]

Cukupkanlah Dirimu dengan Apa yang Ada Padamu

Ibrani 13: 5

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmu47; Titus1; Yesay47-48

Pernah nggak sih kamu dengerin pengakuan seseorang yang pengen banget sesuatu? Pernah nggak kamu berhasrat banget sama sesuatu? Untuk pertanyaan kedua kamu mungkin bilang ‘nggak pernah tuh!’ Tapi sadar ato nggak, setiap kita pernah mengalaminya.

Alkitab bicara banyak soal dosa. Apa aja itu? Kalau boleh cerita pengalaman, aku pribadi lagi belajar tentang Ibrani. Kutipannya begini, “Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”” (Ibrani 13: 5)

Waktu kita mulai pengen sesuatu yang kita mau, kita bakal cenderung memfokuskan perhatian kita untuk itu. Kita mungkin aja nggak ngedapatin yang kita mau, tapi biasanya hal itu yang justru bikin kita terus kepikiran.

John MacArthur pernah bilang di bukunya bahwa ‘keingintahuan adalah soal sikap’ dan ‘ketamakan dan keserakahan mengikuti prinsip meningkatnya keinginan dan menurunnya kepuasan, sebuah bentuk hukum pengembalian terbalik’.

Kata ‘tamak’ seringnya kita identikkan dengan uang. Karna uang adalah sarana untuk mencapai apapun yang kita mau di dunia ini. Inilah yang dialami seorang pemuda bernama John Rockefeller. Waktu pertama kali ditanya berapa banyak uang yang dia inginkan, dia menjawab ‘1 juta dolar’. Setelah memiliki uang sebanyak itu, pertanyaan yang sama ditanyakan lagi ke John dengan jawaban ‘1 juta dolar’. Dia pun mendapat uang sebesar itu, lalu ditanyai pertanyaan yang sama untuk ketiga kali. John tetap menjawab dengan jawaban yang sama. Apakah kamu bisa melihat terjadinya peningkatan keinginan dan penurunan kepuasan kerja di sini?

Mungkin kita nggak bakal punya uang 1 juta dolar. Tapi kita bisa menggantinya dengan hal-hal sederhana ini. Berapa pasang sepatu hitam atau tas sandang yang kita butuhkan? Berapa besar ukuran rumah yang kamu perlukan? Berapa banyak pengakuan dari orang lain karena pelayanan yang kamu kerjakan? Apakah kamu benar-benar butuh pakaian baru? Apakah punya ponsel baru sebuah kebutuhan?

‘Cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu’. Puaslah dengan yang kamu punya! Bukan berarti kita nggak bisa membeli sesuatu. Kalau kamu memang benner-benner butuh sesuatu, maka pakailah uang yang merupakan berkat dari Tuhan untuk membelinya. Nggak ada yang salah membeli pakaian baru atau tas sandang baru. Asalkan jangan sampai hal itu justru membuatmu melarat. Saat kita fokus pada materi, hasrat kita pasti nggak bakal pernah sejalan sama keinginan kita. Inilah salah satu hukum Allah yang nggak terpecahkan.

Ingatlah kalau Tuhan sendiri nggak bakal pernah ninggalin dan biarin kita kekurangan. Dia pasti menyediakan semua kebutuhan kita kalau kita memegang teguh janji-Nya. Ingat yang disampaikan Yesus di Lukas 12: 22-23 dan 29-31, supaya kita nggak perlu kuatir soal hidup kita, soal apa yang kita makan dan tentang tubuh dan pakaian kita.

Jangan mau diseret dengan beragam godaan dunia. Tapi belajarlah untuk terus memperkuat karakter kita di dalam Tuhan. Supaya kita bisa mematikan semua keinginan daging yang nggak berasal dari surga. Yakinlah saat kita ada di dalam Dia, kita nggak akan sama lagi dengan dunia ini.


Saat hasrat akan sesuatu semakin kuat, periksalah hatimu secara mendalam dan singkirkanlah semua roh kedagingan itu satu per satu dengan nama Yesus

Sumber : Leah Adams/Cbn.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2