Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2220


Kita tahu kalau memperkatakan ayat firman Tuhan adalah salah satu cara supaya kita bisa menghidupi dan mengalami langsung firman itu di dalam hidup kita. Karena firman-Nya adalah kehidupan dan apapun yang diperkatakan oleh firman Tuhan semuanya akan jadi. Dengan perkataanlah Dia menjadikan dunia dan membentuk segala sesuatunya di bumi, termasuk kita manusia.

Karena firman-Nya mengandung kuasa yang luar biasalah kita dianjurkan untuk menghafalkan setiap perkataan itu. Karena akan sangat bermanfaat untuk membantu kita ketika menghadapi masa-masa sulit.

Tapi menghafal semua isi Alkitab tentunya adalah hal yang cukup sulit. Karena itulah ada sebagian ayat firman Tuhan yang dijadikan lagu pujian dan penyembahan. Dengan mengutip ayat firman di dalam sebuah lagu diharapkan bisa membuat kita mudah mengingat firman-Nya. Satu-satunya nats Alkitab yang banyak dikutip dalam sebuah lagu adalah bagian Mazmur Daud. Apalagi kita tahu kalau kebanyakan isinya adalah lagu-lagu pujian dari Daud si pemazmur.

Tahukah kamu, kalau ternyata menyanyikan Mazmur bukan cuma membuat kita ingat sama firman Tuhan. Karena menyanyikan ayat-ayat Mazmur juga penting untuk menumbuhkan keintiman kita dengan Tuhan loh.

Baca Juga : Jangan Malu Memuji Tuhan. Bernyanyilah, Karena Tuhan Senang Dengan Pujianmu!

Berikut 4 manfaat penting menyanyikan Mazmur bagi kehidupan rohani kita.

1. Mazmur memperkuat ingatan kita tentang firman Tuhan

Selain menghafal, cara lain untuk bisa mengingat firman Tuhan adalah dengan menyanyikannya. Saat firman Tuhan dinyanyikan secara teratur setiap hari, kita akan lebih mudah mengingat isi firman-Nya. Firman inilah yang bisa dipakai Roh Kudus di saat tertentu. Dan hal paling penting dari menyanyikan Mazmur Tuhan adalah akan membuat si iblis takut dan gentar atas kita.

2. Ayat Mazmur akan membawa kita pada kejujuran hati yang mendalam

Di beberapa bagian nats Mazmur, kita bisa baca kalau Daud sering kali mengakui kelemahannya. Bukan hanya itu, dia juga dengan jujur menyampaikan semua yang dirasakannya ke Tuhan, baik itu marah, kecewa, sedih, takut atau bersyukur. Dari Mazmur-mazmur Daud kita bisa belajar soal kejujuran hati di hadapan Tuhan. Tuhan juga mau kita menyanyikan perasaan kita dengan jujur dihadapan-Nya.

3. Nyanyian Mazmur bisa membuat kita terhubung dengan orang-orang percaya lainnya

Lagu-lagu yang diinpirasi dari kutipan ayat Mazmur bisa jadi nyanyian universal gereja, dimana akan ada banyak orang percaya yang menyanyikannya bersama-sama di ibadah Minggu. Inilah salah satu cara efektif untuk menikmati terhubung secara spiritual dengan orang-orang percaya lainnya.

4. Nyanyian Mazmur akan membawa kita pada pengenalan akan Yesus

Saat kita pengen mengenal seseorang, kita tentu saja ingin sekali tahu soal pikiran dan perasaanya. Begitu pula saat kita mau mengenal Yesus. Kita mau membuka hati untuk bisa merasakan dan mengalami-Nya. Kalau kamu mau mengalaminya, nyanyikanlah nyanyian Mazmur karena dari sana kamu akan mendengar rangkaian puisi yang bersumber dari hati sang Juruslamat kita.

Baca Juga : Bosan Menyanyikan Lagu Pujian? Coba Renungkan 9 Ayat Alkitab Ini

Salah satu lagu Mazmur yang paling aku sukai adalah lagu Tuhan Adalah Gembalaku. Lagu ini berisi kutipan Mazmur 23 ayat 1-4 yang menggambarkan bahwa Tuhan itu gembala yang setia.

“Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” (Mazmur 23: 1-4)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us