Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
796


Ada pasangan yang harus menunggu lama bertahun-tahun untuk mendapatkan momongan. Tapi ada juga diantaranya yang sudah puluhan tahun menikah tapi tetap saja belum mendapatkan anak.

Ada banyak mungkin diantara saudara atau rekan kita yang mengalami hal ini. Pertanyaannya adalah apakah pasangan yang tak kunjung dikarunia anak pertanda kalau pernikahannya tak diberkati?

Firman Tuhan berkata dalam Mazmur 127: 3-5, “Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah. Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.”

Ayat ini mengatakan bahwa anak adalah berkat dari Tuhan. Di zaman Alkitab, khususnya di Perjanjian Lama (PL), anak-anak dianggap berkat dari Tuhan. Karena itu pasangan yang tidak punya anak menilai diri mereka ‘kurang diberkati’ karena kondisi mereka yang mandul.

Baca Juga : Inilah yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menunda Punya Anak

Abraham dan Sara adalah salah satu pasangan yang sudah sejak lama menantikan anak. Sampai pada akhirnya Tuhan menjanjikan anak kepada Abraham yaitu Ishak. Mereka baru bisa merasa bahagia atas kehadiran Ishak setelah mereka sudah berumur.

Tahukah kamu, selama masa penantian Abraham dan Sara mereka benar-benar begitu kesepian. Abraham mencemaskan siapa kelak yang akan jadi penerus keturunannya kalau sampai dia tak punya anak dari istri sahnya Sara. Sementara Sara diliputi iri hati karena Hagar yang dihampiri Abraham sudah melahirkan seorang anak laki-laki.

Ada banyak pasangan Kristen yang mungkin merasakan hal yang sama. Mereka rindu bisa punya anak kandung sendiri. Mereka khawatir tak akan punya penerus dan ahli waris. Dan bahkan bisa iri dengan pasangan lain yang sudah punya anak.

Anak tampak begitu berharga bagi pasangan menikah. Karena anak dianggap sebagai bukti nyata dari kasih Tuhan.

Tapi benarkah pasangan yang belum dikarunia anak berarti tidak diberkati? Kalau anak-anak biologis (anak kandung) dinilai sebagai berkat dari Tuhan. Apakah anak-anak secara rohani yang sedang mereka bimbing dan ajari bukan berkat Tuhan? Jawabannya mereka tetap diberkati.

Mari kita ambil contoh tentang sepasang suami istri yang aktif melayani selama puluhan tahun. Mereka memang tetap masih belum dikarunia anak biologis. Tapi mereka punya banyak sekali anak-anak rohani yang mereka anggap sebagai anak-anak mereka dalam iman.

Mereka aktif sekali mengajar pria dan wanita, tua dan muda soal keselamatan di dalam Tuhan. Dan suatu kali mereka hanya menyampaikan soal kondisi mereka yang tak kunjung dikarunia anak biologis. “Tuhan mungkin tak menganugerahi kami anak-anak bilogis. Tapi kami punya banyak anak-anak rohani.”

Pandangan bahwa pasangan yang tak punya anak mungkin kurang diberkati hanyalah pandangan keliru manusia saja. Pasangan ini justru mendapat karunia yang jauh lebih besar dari Tuhan atas kesetiaan dan ketekunan mereka melayani yaitu anak-anak rohani yang bisa mereka bimbing dekat kepada Tuhan. Dan dengan kehadiran anak-anak ini, mereka tak lagi khawatir dengan perkara-perkara dunia yang harusnya tak perlu dicemaskan.

Baca Juga : 4 Cara Hidup Bahagia Meski Tanpa Momongan

Lalu bagaimana dengan pasangan yang bisa punya anak tapi tak punya keinginan untuk memilikinya? Adalah suatu berkat apabila sepasang suami istri diberikan kemudahan untuk memiliki anak. Tapi seharusnya mereka yang mendapatkan berkat itu harusnya tidak menolak untuk menerimanya. Karena Tuhan pun memerintahkan kita untuk pergi dan beranak cucu dan menjadikan mereka bangsa kepunyaan Tuhan sendiri. Intinya, memiliki anak adalah perintah Tuhan kepada pasangan menikah.

Tuhan punya kuasa untuk menutup dan membuka rahim. Karena itulah Tuhan punya otoritas sendiri bagi setiap orang, apakah dia bisa mengandung atau tidak. Tapi tetap saja, Tuhan akan melimpahkan berkat-Nya kepada siapapun dengan cara-Nya sendiri. Baik itu yang bisa mengandung dan yang tidak, mereka sama-sama diberkati.

“Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.” (Efesus 1: 3)

Jadi, kalau kamu sedang berada tepat pada posisi ini, sudah menikah tapi tak kunjung dikarunia anak, jangan pernah merasa kalau dirimu ‘kurang diberkati’. Tuhan pasti akan memberkatimu suatu saat nanti baik dengan memberikanmu anak biologis ataupun anak rohani. Karena itu berdoalah dan biarkan Tuhan menuntun hidupmu kepada tujuan yang Dia inginkan.

Sumber : Christiantoday.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Marjuki Wawat 17 November 2017 - 00:57:19

Saya ingin keluarga saya dipenuhi oleh Roh Kudus

1 Answer

agung 16 November 2017 - 22:15:20

Syalom..saya meminta doa dan dukungannya dari perg.. more..

1 Answer

Maria Nainggolan 16 November 2017 - 20:50:44

Apa saja poin yang terdapat pada efesus 4:17-32

1 Answer


DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Annache 10 November 2017 - 12:40:17
Tolong doakan saya, saya sekarang lagi sakit di da... more..

Banner Mitra Week 2


7332

advertise with us