Inilah yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menunda Punya Anak
Sumber: www.vox.com

Marriage / 4 May 2016

Kalangan Sendiri

Inilah yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menunda Punya Anak

Lori Official Writer
10759

Sebuah studi dari Universitas Psykologi Alabama mengatakan bahwa belakangan ini pasangan menikah di Brasil tengah mengikuti tren menikah tanpa anak. Studi yang diketuai oleh Dr Andre Souza, UA, Asisten profesor ilmu psykologi itu mengatakan bahwa faktor utama penyebab timbulnya keinginan itu adalah kondisi perekonomian yang semakin merosot dan peralihan minat menikah yang semakin menurun.

Pasangan yang tidak berkeinginan untuk memiliki anak bahkan menjadi salah satu syarat bagi pria dan wanita muda Brasil yang tengah mencari pasangan. “Mereka benar-benar hanya ingin menikmati hidup berdua, tidak ingin membangun keluarga. Namun, kondisi ini tidak bisa dimungkiri terjadi karena tingginya jumlah wanita yang bekerja,” ucap Dr Souza, seperti dikutip Phys.org.

Meskipun tren tersebut tidak terjadi di Indonesia, namun ada saja pasangan yang juga menerapkan kesepakatan yang hampir sama, dimana sebagian besar pasangan yang baru menikah menunda waktu untuk memiliki anak. Faktor ekonomi dan karir menjadi alasan utama dari pilihan ini, dan kebanyakan diantaranya adalah keinginan dari pihak wanita.

Meskipun pasangan yang menunda memiliki anak sepakat menetapkan jangka waktu tertentu saja, namun ada baiknya untuk memperhitungkan beberapa hal ini.

1. Usia Wanita

Usia yang paling tepat untuk hamil adalah 20-35 tahun. Jika melebihi 35 tahun, risiko kehamilan dan kelahiran akan lebih tinggi. Tak semua orang tentunya mengalami hal ini, tetapi rata-rata kehamilan di atas 35 tahun rentan dengan beragam risiko yang terjadi.

2. Kondisi kesehatan

Kehamilan sebaiknya terjadi saat kondisi fisik masih bugar, fit dan sehat. Sebab saat kondisi kesehatan mulai menurun, kemungkinan besar dampaknya akan berpengaruh pada proses tumbuh kembang janin dan ibu.

3. Faktor keturunan

Jika pasangan sama-sama berasal dari keluarga yang sulit memiliki anak, sebaiknya jangan menunda memiliki anak. Karena risikonya bisa berulang seperti pengalaman keluarga sebelumnya. Jika usia semakin mendekati masa kritis, peluang mempunyai anakpun akan semakin kecil.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi pasangan muda yang baru saja menikah untuk tetap bijak mempertimbangkan keinginan menunda memiliki anak. Jika penghalang itu hanya karena masalah karir dan ekonomi, ingatlah bahwa memiliki anak adalah karunia Tuhan bagi manusia.

Sumber : Kompas.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami