Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1147


“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8: 28)


Ayat ini mengingatkanku kepada seorang pendeta yang bersaksi bagaimana Tuhan bekerja dalam hidupnya ketika sebuah tragedi terjadi. Kejadiannya terjadi saat dia pada suatu kali sedang berkhotbah tentang kebangunan rohani. Sementara tak seorang pun yang melihat kalau anaknya Luke berada di parkiran. Anak itupun meninggal karena dibunuh oleh seseorang. Sejak kematian anaknya, pendeta ini hidup dalam beban penderitaan yang akhirnya mengubah hidupnya.

Suatu kali, seorang anak remaja berusia 19 tahun mendengar kesaksian sang pendeta. Saat itu anak ini benar-benar sedang menghadapi trauma yang begitu berat dalam hidupnya. Kehidupan rohaninya pun bisa dibilang tak cukup baik. Sejak kecil dia tak lagi pernah menginjakkan kaki ke gereja karena orangtuanya diketahui pernah terluka oleh gereja dan sejak itu mereka memutuskan untuk tak mau lagi beribadah ke gereja.

Pengalamannya mendengar khotbah sang pendeta terjadi karena seorang teman mengajaknya ke gereja. Saat mendengar kesaksian itu, dia selalu teringat pada Roma 8: 28 ini. Dan tanpa disangka-sangka, ayat inilah yang justru mengubah hidupnya selamanya.

Satu ayat ini telah memberi dampak yang besar bagi hidup seorang remaja. Itu sebabnya ayat ini menjadi sebuah benih kehidupan yang bisa kita tanam di tanah hati kita yang subur.

Ada 3 makna di balik ayat Roma 8: 28 ini yaitu:

Pertama, kita hidup sesuai dengan rencana Tuhan, bukan rencana kita sendiri.

Roma 8: 28 adalah janji Tuhan bagi semua orang percaya. Mereka yang hidup bagi Kristus, bukan orang yang mengaku percaya tapi hidup dengan mengejar rencana hidup mereka sendiri tanpa melibatkan Tuhan.

Kedua, Tuhan bisa memakai segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Itu artinya Dia tidak menjanjikan semua hal baik terjadi atas hidup kita.

Kita pasti setuju kalau kanker, perdagangan manusia dan kematian itu adalah hal yang mengerikan. Dosa pasti akan terus berkeliaran dalam hidup manusia sampai tiba waktunya Yesus kembali dan menaklukkan para penguasa angkasa.

Ayat ini memberikan kita pemahaman bahwa sekalipun dosa dan si iblis akan terus merajalela, tapi kuasa Tuhan jauh lebih besar. Dia mampu menebus dan membalikkan kekacauan untuk tujuan kebaikan dan kemuliaan-Nya. Banyak hal yang tidak baik akan kita hadapi, tapi Tuhan akan memakai semuanya itu untuk sesuatu yang baik bagi hidup kita.

Ketiga, kehendak tertinggi dari Tuhan adalah melakukan hal yang baik bagi anak-anak yang telah dipilih-Nya dari semula.

Seorang guru yang bijak pernah bilang begini: ‘Tuhan menginjinkan segala sesuatu terjadi dalam hidup kita untuk satu dari dua tujuan; untuk membawa kita ke dalam hubungan di dalam Dia atau jika kita sudah mengenal Tuhan, Dia mau kita menjadi serupa dengan gambaran anak-Nya.

Selama kita hidup di dunia ini, ada banyak orang akan menyangkali kedaulatan Tuhan atas penderitaan manusia. Tapi Roma 8: 28 ini meyakinkan kita bahwa tak ada penderitaan yang terjadi sia-sia. Tuhan selalu bekerja untuk mendatangkan kebaikan dan kemuliaan-Nya. Kalau kita tak memahami kenapa cobaan menimpa hidup kita dan bagaimana perjuangan kita menghadapinya bisa mendatangkan kebaikan, kita bertanya kepada Tuhan atau menuntut janji-Nya digenapi atas hidup kita. Percayalah, Dia adalah Tuhan yang setia terhadap janji-janji-Nya. Dia nggak akan pernah meninggalkan kita dalam keadaan terjatuh, sebab tangan-Nya yang kuat dan perkasa akan menopang kita.

Firman Tuhan berkuasa untuk mengubah jalan hidup seseorang. Pemahaman yang salah akan kebenaran-Nya bisa menyebabkan kita kehilangan rencana indah yang sudah disediakan-Nya dalam hidup kita. Karena itu, berpeganglah pada janji-Nya dan jangan pernah meragukan pekerjaan Tuhan atas hidup kita. Karena rencana kita bukanlah rencana-Nya. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:06:21

pemimpin

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:26

kepemimpinan

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:00

leadership

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us