Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1473


Tentu saja kita pernah mendengar banyaknya gereja yang beralih fungsi menjadi Masjid bagi umat beragama Muslim. Kebanyakan dari peristiwa itu terjadi ketika masa peralihan kekuasaan, dimana beberapa negara Kristen ditaklukkan oleh negara Islam. Itulah yang terjadi pada beberapa negara di Eropa.

Tapi setelah masa itu, terjadi pula pembalikan sejarah dimana umat Kristen kembali berkuasa dan mengambil alih semua wilayah yang sempat direbut, sebagaimana dialami Italia.

Peristiwa ini memang pernah terjadi dan bukan hanya sekadar isapan jempol belaka. Nah, untuk menyaksikan jejak sejarah itu kita bisa membuktikannya dari 3 gereja unik ini.

1. St John of Hermit, Palermo

Selama beberapa abad, Islam pernah menguasai Palermo, kota penting di Pulau Sisilia, Italia. Kentalnya nuansa Islam menjadikan wilayah ini lekat dengan julukan kota 300 Masjid. Rata-rata masjid di sana merupakan bekas gereja yang dibangun saat transisi kekuasaan dimasa Dinasti Norman yang penduduk saat itu banyak menganut agama Katolik.

Tapi setelah transisi kekuasaan dari Islam ke Kristen, hampir semua Masjid kembali berubah fungsi menjadi gereja. Salah satunya adalah gereja St John of the Hermit atau Gereja San Giovanni yang dibangun pada 1132 Masehi.

Keunikan gereja yang terletak di tepi barat Distrik Albergheria, Italia itu terlihat dari bentuk arsitekturnya yang memiliki lima kubah bulat merah seperti pada umumnya dipakai sebagai atap penutup Masjid.

2. Katedral Cordoba, Spanyol

Katedral Cordoba atau disebut juga dengan Katedral Mezquita ini aslinya adalah Gereja Katolik yang dibangun oleh bangsa Cisigoth. Tapi tak lama kemudian wilayah itu dikuasai Muslim dan mereka kemudian menghancurkan semua bangunan yang ada. Setelah itu membangunnya menjadi sebuah Masjid bernama Cordoba.

Spanyol kembali ditaklukkan oleh kaum Kristen. Gedung yang sebelumnya difungsikan sebagai rumah ibadah Muslim itu akhirnya diubah menjadi sebuah gereja dengan katedral gotik berarsitektur Moor yang dipadupadan dengan nuansa Islam yang ditinggalkan. Sebagaimana tampak di bagian dinding katedral yang dihiasi dengan kaligrafi khas Islam.

3. Gereja Kubah Emas, Yordania

Meskipun Yordania adalah negara mayoritas Muslim, tapi rekam jejak peninggalan peradaban agama Kristen masih tetap bisa disaksikan di sana. Yang paling terkenal adalah soal pembaptisan Yesus di sungai Yordan, yang terletak sekitar 30 kilometer ke arah utara dari Laut Mati.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata di sekitar lokasi pembaptisan itu terdapat beberapa gereja unik. Salah satunya adalah gereja Ortodoks Yunani yang beratapkan kubah emas. Karena itulah gereja ini disebut dengan Gereja Kubah Emas. Tak hanya bagian atap, bagian dalam gereja juga dipenuhi dengan ornament-ornamen emas yang semakin menambah keindahan dalam ruang gereja.

Para pengunjung yang datang ke sana akan sangat merasa beruntung ketika gereja tersebut menggelar upacara pembaptisan langsung di sungai bersejarah itu yang hanya ditempuh dengan menuruni anak tangga dari depan gereja.

Bagaimana menurut kamu, layak dikunjungi bukan? Itung-itung bisa belajar sejarah ya dari ketiga gereja ini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:10:48

shalom... salam damai bagi kita semua... mohon did.. more..

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us