Share this article :

Nggak Cuma Bali, Sulawesi Utara Juga Punya ‘Tugu Toleransi’ Jadi Wisata Religi Andalan

 Mon May 15th, 2017
 532

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Nggak Cuma Bali, Sulawesi Utara Juga Punya ‘Tugu Toleransi’ Jadi Wisata Religi Andalan Sumber : YouTube.com

Kalau Bali punya wisata religi yang terdapat dalam satu kawasan bernama Puja Mandala, maka Sulawesi Utara (Sulut) juga punya hal unik seputar itu. ‘Torang Samua Ba’sudara’ adalah semboyan Sulut dan masyarakat Minahasa pada umumnya. Bukan sembarang semboyan belaka loh karena semboyan ini benar-benar direalisasikan sebagaimana maknanya. Salah satunya adalah dengan kehadiran sebuah wisata religi khusus yang dijadikan sebagai simbol kasih dan perdamaian di Sulawesi Utara yaitu Bukit Kasih Kanonang.

Lokasi

Bukit Kasih Kanonang terletak di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Bukit ini dikelilingi oleh lereng Gunung Soputan. Dinamai Bukit Kasih karena tempat ini memang dibangun khusus sebagai objek wisata religi.

Objek wisata di Bukit Kasih

Di atasnya terdapat tempat ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia, seperti Masjid, Gereja Katolik dan Protestan, Vihara dan Pura. Masing-masing tempat ibadah dihubungkan dengan akses berupa anak tangga. Keberadaan 5 rumah ibadah ini menjadi simbol perdamaian dan kehidupan yang rukun antar penganut agama.

Selain itu, di bukit ini juga dibangun sebuah tugu setinggi 22 meter yang juga dikenal sebagai Tugu Toleransi. Dinamai demikian karena tugu ini berbentuk segi lima dan di setiap sisinya terdapat ukiran gambar dan simbol serta kutipan ayat Kitab Suci masing-masing agama. SAma halnya dengan rumah ibadah, Tugu Toleransi juga disimbolkan sebagai pengingat soal toleransi antarumat beragama.

Tebing-tebing di sekitar bukit juga terbilang cukup unik. Pasalnya, disana kita bisa menemukan pahatan-pahatan wajah di dinding tebing. Pahatan itu merupakan wajah nenek moyang masyarakat Minahasa, Toar dan Lumimuut. Pahatan ini disematkan di sana supaya masyarakat Minahasa tidak lupa dengan nenek moyangnya.

Rekreasi alam

Setelah lelah mengelilingi objek wisata 5 agama di atas, di dalam Bukit Kasih Kanonang terdapat beberapa kolam air panas berukuran kecil. Di sana para pengunjung bisa merendam kaki sejenak untuk meredakan rasa lelah. Sembari berendam, pengunjung juga bisa menikmati suasana asri pepohonan di sekitarnya. Pihak pengelola juga menyediakan jasa pijat refleksi di kolam air panas.

Selain itu, pengunjung juga bisa melepas lelah dengan menikmati jajanan Manado di sana, mulai dari jagung rebus, mie cakalang, bubur Manado dan hidangan lainnya.

Bukit Kasih Kanonang menjadi salah satu objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Sejak dibangun di awal tahun 2000-an, kala Adolf Menasih menjabat sebagai Gubernur Sulut, Bukit Kasih bahkan menjadi wisata yang sangat populer. Salah satu andalan wisata ini adalah daya tarik dari objek wisata yang ada di dalamnya, mulai dari rumah ibadah dari 5 agama sampai Tugu Toleransi yang menjadi simbol kasih dan perdamaian antar penganut agama di Sulawesi dan bahkan di Indonesia.

Tertarik dengan konsep wisata yang ditawarkan Bukit Kasih yang satu ini, yuk sebarkan ke banyak orang kalau hidup di tengah perbedaan itu sebenarnya indah loh

Sumber : Berbagai Sumber

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Febby Makatumpias 28 May 2017 - 18:51:27
Syalom, selamat malam. Saya baru disini, saya ingi... more..

Gare HogPok 23 May 2017 - 10:28:16
Selamat pagi dan salam Sejahtera bagi kita semua. ... more..

Tato' Tambing 22 May 2017 - 09:09:32
Syallom selamat pagi, mohon di doakan untuk hubung... more..

santos 22 May 2017 - 00:14:34
Mohon doanya agar usaha saya yang sedang saya kemb... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Berkorban Karena Cinta
Berkorban Karena Cinta
Salah satu kerinduan terbesar Daud adalah membangun Bait Suci. Meskipun yang membangunnya adalah Sal...