Sekum PGI: PGI Tidak Dalam Posisi Menyetujui Pernikahan Sejenis

Sekum PGI: PGI Tidak Dalam Posisi Menyetujui Pernikahan Sejenis

daniel.tanamal Official Writer
4616


Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (Sekum PGI), Pendeta Gomar Gultom menegaskan bahwa lembaga keumatan yang juga dipimpinnya tersebut tidak dalam posisi menyetujui pernikahan sejenis. Dirinya menyatakan bahwa hal tersebut dikembalikan kepada gereja masing-masing sebagai ranah liturgis.
(Baca Juga: Beredar Pesan Pastoral PGI Mendukung LGBT, Benarkah?)

"Dikatakan di situ (pesan pastoral PGI) bahwa hal tersebut (Pernikahan Sejenis) memerlukan diskusi yang panjang. Jadi tidak ada PGI menyetujui perkawinan sejenis. Ini perlu saya tegaskan, PGI tidak dalam posisi menyetujui perkawinan sejenis. Perkawinan adalah ranah-nya gereja secara liturgis," kata Gomar di kantornya, Graha Oikumene, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (23/06).
(Inilah Rilis Resmi Pernyataan Pastoral PGI tentang LGBT)

Terhadap surat pesan pastoral PGI tentang LGBT yang saat ini menimbulkan polemik didalam umat, Gomar menyatakan bahwa pesan pastoral tersebut lebih kepada mengajak umat untuk tidak menghakimi dan membenci orang yang sejak lahir sudah menjadi LGBT. "Tidak ada yang berhak menghakimi orang yang ketika lahir sudah menjadi LGBT, tetapi biarlah kemuliaan Tuhan terjadi melalui dan padanya. Kami menemukan kasus-kasus penolakan yang berimplikasi sangat buruk, bahkan sampai bunuh diri. Di sini pentingnya pengakuan dan penerimaan yang utuh serta pelayanan pastoral kepada mereka, tanpa diembel-embeli stigma keberdosaan," tutupnya. (Baca Juga: Sinode GBI akan Protes ke PGI terkait Pesan Pastoral tentang LGBT)

Seperti diketahui, sebelumnya PGI mengeluarkan surat Pesan Pastoral mengenai isu LGBT, tertanggal 28 Mei 2016 dan ditandatangani oleh ketua umum Pendeta Dr Henriette Hutabarat Lebang dan sekum Pendeta Gomar Gultom. Pesan itu memuat 14 poin pandangan yang terbagi dalam pengantar, titik tolak, rekomendasi dan penutup. Sejak terbitnya pesan tersebut, reaksi segera bergulir dan menjadi polemik ditengah umat.
(Baca Juga: Gereja Bethel Indonesia Tolak Pernikahan Sesama Jenis)


Sumber : Reformata.com
Halaman :
1

Ikuti Kami