Sinode GBI akan Protes ke PGI terkait Pesan Pastoral tentang LGBT

Sinode GBI akan Protes ke PGI terkait Pesan Pastoral tentang LGBT

daniel.tanamal Official Writer
8723
Ketua Umum Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), Pendeta Japarlin Marbun menyatakan pihaknya akan melayangkan protes kepada Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) terkait dengan surat Pesan Pastoral PGI tentang LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender). (Baca Juga: Beredar Pesan Pastoral PGI Mendukung LGBT, Benarkah?)

Menurut Japarlin, sinodenya sebagai salah satu anggota dari PGI tidak pernah ditanyakan terkait rumusan surat pastoral tersebut. “GBI tidak setuju dengan pernyatan surat pastoral PGI, karena saya sebagai orang GBI tidak pernah ditanya apakah setuju membuat rumusan seperti itu dan walaupun GBI sebagai anggota dari PGI, kita akan melayangkan protes,” katanya di Graha Bethel, Jakarta, Sabtu (25/6/2016).

(Inilah Rilis Resmi Pernyataan Pastoral PGI tentang LGBT)

Dirinya menilai seharusnya PGI terlebih dahulu dapat mengumpulkan dan meminta masukan kepada para anggota saat membuat rumusan tersebut. “Kita sudah masuk era digital, ini namanya mempeta-konflikkan gereja, seolah-olah buat dulu lalu kemudian dengan kalimat meminta masukan mestinya tidak begitu. Kumpulkan dulu anggota PGI ini rumusannya bagaimana setuju atau tidak? Sesudah itu baru dipakai sebagai pernyataan sikap pastoral dari PGI,” tegasnya. (Baca Juga: Gereja Diminta Siapkan Diri Layani Kaum LGBT)

Terhadap isi pesan pastoral tersebut, Japarlin menilai PGI mencampuradukan pemahaman psikologi modern, humanisme dengan Alkitab yang berujung pada kerancuan kesimpulan. “Seharusnya kalau kita telaah teologis ya teologis saja ayat-ayat, perjanjian lama-perjanjian baru dan praktek gereja mula-mula. Ini karena dicampuradukan dengan pendapat ahli psikologi, sosiologi dan sebagainya yang menimbulkan kerancuan dalam pengambilan kesimpulan,” jelasnya. (Baca Juga: Ini Surat Terbuka Mangapul Sagala Kepada Sekjen PGI Soal LGBT)


GBI sebagai salah satu anggota PGI telah terlebih dahulu menyatakan sikapnya terhadap LGBT, dengan sebuah surat yang dikeluarkan bertajuk “Sikap GBI Terhadap Isu LGBT”. Dalam surat itu GBI tegas mengatakan bahwa perilaku LGBT adalah sebuah dosa dan menentang pernikahan sesama jenis. Namun, GBI menyerukan agar setiap orang dengan perilaku LGBT harus dikasihi dan ditolong untuk keluar dari penyimpangan tersebut. (Baca Juga: Gereja Bethel Indonesia Tolak Pernikahan Sesama Jenis)



Sumber : tabloidpodium
Halaman :
1

Ikuti Kami