Indahnya Kebersamaan dalam Proyek Renovasi Makam Yesus

Indahnya Kebersamaan dalam Proyek Renovasi Makam Yesus

Lori Official Writer
3490

Untuk pertama kalinya sejak 200 tahun terakhir, proyek renovasi makam suci Yesus di Yerusalem telah dimulai. Para pekerja yang tergabung dalam tim tersebut harus mengesampingkan perbedaan di antara mereka untuk menyelesaikan proyek pembangunan ini dalam waktu 8 hingga 12 bulan ke depan.

Salah satu bagian yang membutuhkan perbaiki penuh adalah bagian Edicule atau ruang bagian dalam makam Yesus. Kala itu ruangan itu dilengkapi dengan hiasan lampu minyak gantung, kolom, dan lilin kebesaran yang didirikan di atas tempat di mana jasad Yesus diurapi, dibungkus kain kafan dan diletakkan di dalam makam sebelum kebangkitan-Nya.

Untuk mengembalikan struktur ruang makam Yesus ini, berbagai denominasi Kristen telah bergabung untuk bekerja sama melakukan renovasi ini. Sebagian pekerja juga terdiri dari para ahli yang berasal dari Yunani dan telah berpengalaman dalam pembangunan Acropolis di Athena. Salah satunya, Antonia Moropoulou. Dia adalah seorang arsitek di Universitas Teknik Nasional Athena yang turut mengawasi proyek renovasi itu.

Moropoulou mengatakan, kondisi makam Yesus dalam keadaan stabil. Namun ada beberapa bagian yang memerlukan perhatian, setelah sekian laman terpapar air, asap lilin, dan kelembaban. “Beberapa marmer dan lempengan batu telah berubah bentuk karena termakan usia,” ucapnya.

Sementara mereka juga perlu melakukan penguatan struktur bangunan. Dan diharapkan proyek yang membutuhkan biaya sebesar 3.3 juta dollar AS atau setara Rp44 triliun itu bisa rampung pada tahun 2017 mendatang. Tentu saja jumlah biaya yang dibutuhkan tersebut juga diperoleh dari berbagai gereja dan pihak lainnya. Bahkan Raja Yordania Abdullah II yang beragama Muslim pun memberikan donasi dari kantong pribadinya.

Kerja sama inilah yang menjadikan proyek renovasi ini menjadi semakin menarik. Tak hanya bekerja sama soal biaya tetapi juga pekerja yang berasal dari denominasi gereja telah menciptakan sejarah perdamaian baru di Yerusalem. 

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami