Kapan Waktunya Memberitahu Anak Soal Bahaya Rokok?
Sumber: Istimewa

Marriage / 5 June 2016

Kalangan Sendiri

Kapan Waktunya Memberitahu Anak Soal Bahaya Rokok?

daniel.tanamal Official Writer
2921

Kecenderungan anak-anak yang beranjak remaja, untuk mencoba hal yang baru seperti merokok, umumnya biasa terjadi. Nah, bagaimana memberikan pemahaman mengenai bahaya rokok kepada anak, bisa dimulai sejak dia berusia sembilan tahun.

Mengapa harus diusia ini? Sebab di usia ini, anak mulai mampu diajak berkomunikasi oleh orangtua. "Membicarakan rokok kepada anak itu penting, kalau bisa dari tiga SD dia sudah diberitahu rokok itu tidak baik untuk kesehatan," kata Psikolog Astrid Wen saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (31/5/2016).

Tak perlu bingung memberitahu anak mengenai rokok, kata Astrid. Sebab orangtua bisa menjelaskan pada anak, bagaimana rokok itu tidak baik untuk paru-paru, membuat bibir menghitam, nafas jadi bau dan sebagainya. Dan yang terpenting hal ini juga ditanamkan dalam keluarga.
Setelah itu, tugas orangtua selanjutnya adalah menjelaskan pada anak bahwa merokok itu tidak keren. Sebaliknya, Anda bisa memberikan penghargaan atas apa yang dia lakukan. "Berikan anak penghargaan pada hal-hal yang dia mampu, puji kelebihan dia dan berikan perhatian pada hal-hal yang positif. Biarkan dia berpikir kalau merokok itu bukan sesuatu yang keren atau dewasa. Sebaliknya, puji jika dia menolong orang," ujarnya.

Yang jelas, kata Astrid, menegakkan aturan mengenai rokok memang tidak mudah. Perlu upaya orangtua untuk tidak merokok di depan anak.  "Percuma larang anak merokok, kalau orangtua juga merokok. Rasanya kurang bijak. Kita mengharapkan dia nggak merokok tapi kita merokok," ujarnya.

Baca juga : 

Apakah Merokok Itu Dosa? Ini Kata Alkitab


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami