Pertama Kalinya, Kristen Gaza Boleh Kunjungi Tempat Ini Saat Paskah
Sumber: Reuters.com

Spirituality / 22 March 2016

Kalangan Sendiri

Pertama Kalinya, Kristen Gaza Boleh Kunjungi Tempat Ini Saat Paskah

Lori Official Writer
8182

Paskah kali ini terasa berbeda bagi warga kristen yang tinggal di Jalur Gaza. Jika tahun-tahun sebelumnya mereka hanya diberi izin terbatas untuk mengunjungi sanak saudara mereka yang tinggal di Yerusalem, tidak untuk tahun ini dimana mereka diberi izin berkunjung sepenuhnya.

“Anda bisa membayangkan beberapa anggota keluarga yang datang untuk merayakan (paskah) di Yerusalem dan meninggalkan keluarga mereka? Ini bukan bagian tradisi kami, kami merayakan bersama-sama. Di tahun-tahun sebelumnya, sedikit sekali yang datang. Tahun ini saya tidak yakin,” ucap rektor Patriachate Latin Yerusalem, Bapa Jamal Khader.

Seperti diketahui, pemerintah Israel telah memberikan izin kepada sekitar 850 orang Kristen Palestina yang tinggal di Jalur Gaza untuk berkunjung ke Yerusalem merayakan paskah. Izin yang dikeluarkan Menteri Urusan Sipil Hussein al-Sheikh ini menetapkan bahwa umat Kristen diberi hak untuk mendapatkan liburan dalam kurun waktu 45 hari.

“Ini adalah yang pertama kalinya dimana banyak orang Kristen dari Gaza mendapat izin melakukan perjalanan ke Tepi Barat dan Yerusalem,” ucap juru bicara Kementerian Urusan Sipil Palestina, Muhammad al-Maqdma.

Perayaan paskah di Yerusalem diadakan pada 27 Maret 2016 nanti. Tak jauh berbeda dengan perayaan paskah di belahan negara lain, dimana paskah diawali dengan Minggu Palma, Jumat Agung, Sabtu Suci dan disusul dengan perayaan puncak paskah di hari Minggu.

Tentu saja warga Kristen Palestina merasa senang karena di tahun ini mereka bisa berkunjung menikmati kemeriahan perayaan paskah di Gereja Makam Suci di kota Yerusalem. Untuk itulah pemerintah Israel meningkatkan pengawasan keamanan di sekitar gereja yang diyakini sebagai tempat Yesus Kristus pertama kali disalib dan dikuburkan itu.

 

Baca juga:

Wah, Ditemukan Benda Bersejarah Simbol Kristus Di Perbatasan Gaza

Gaza, Wilayah Israel atau Palestina?

 

Sumber : CP/Indcatholicnews.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami