Hikmat Dari Jeratan Hutang 53 Juta Dolar Yang Dialami Kanye West
Sumber: cnn.com

Finance / 18 February 2016

Kalangan Sendiri

Hikmat Dari Jeratan Hutang 53 Juta Dolar Yang Dialami Kanye West

Puji Astuti Official Writer
4911

Artis hip hop Amerika Kanye West, pada minggu lalu menyatakan bahwa dirinya terlilit hutang sebesar $53 juta melalui Twitter. Tidak hanya itu, ia bahkan meminta pendiri Facebook, Mark Zukerberg untuk investasi sebesar 1 milyar dolar untuk membantunya mewujudkan ide-idenya.

Kanye West adalah artis, produser, designer dan juga entrepreneur yang sering menimbulkan pro kontra dengan berbagai pernyataannya. Pria berusia 38 tahun ini seharusnya dijadwalkan untuk merilis album baru, namun hal itu tidak terdengar malah ia mengungkapkan kondisi keuangannya yang buruk. Padahal suami dari Kim Kardashian ini adalah salah satu artis dengan penjualan album terbanyak sepanjang masa.

Boleh hutang atau tidak untuk modal usaha?

Banyak orang terkejut dengan pernyataan West tentang hutangnya itu, apakah hutangnya itu untuk membiayai bisnis-bisnis yang dibangunnya? Hal ini memunculkan pertanyaan, sejauh mana seorang entrepreneur boleh berhutang untuk membiayai usahanya?

"Setiap orang memiliki tingkat toleransi resiko yang berbeda-beda," demikian ungkap Luke Delorme, dari Research Fellow di American Institute for Economic Research.

Mayoritas ahli keuangan merekomendasikan sedikit mungkin mengambil resiko dengan berhutang untuk memulai usaha. Bahkan hal tersebut sebenarnya tidak direkomendasikan, karena memulai sebuah usaha resikonya cukup besar dan bisa membahayakan kondisi keuangan jika memulainya dengan uang pinjaman. Namun faktanya, banyak startup yang memulai usahanya dari hutang agar bisa mewujudkan idenya.

Menurut Delorme, asusmsi banyak bahwa orang-orang sukses adalah orang yang berani mengambil "resiko" dan menghubungkannya dengan berhutang untuk memulai usaha adalah salah, kedua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda. Menurutnya pengusaha yang sukses adalah orang yang berhasil memajukan usahanya dengan modal yang dimilikinya, tanpa harus berhutang.

Kesulitan yang menunggu dibalik kredit macet

Namun bagi mereka yang tidak memiliki kemandirian keuangan, berhutang mungkin satu-satunya cara untuk memulai bisnis. Ada yang menggunakan kredit tanpa anggunan, kredit usaha kecil hingga kartu kredit pribadi yang bisa lebih berbahaya karena bunganya yang tinggi. Apapun metodenya, sangat penting menjaga agar hutang tersebut tetap bisa dibayar setiap bulannya. Jika tidak bunga akan terus bertambah, dan hutang bisa semakin besar.

Jika Anda memiliki masalah dengan hutang di awal usaha, maka kedepannya akan bertambah sulit untuk mengajukan pinjaman atau bahkan mendapatkan bunga yang lebih tinggi. Selain itu, jika Anda tidak bisa membayar hutang Anda maka kemungkinan untuk barang agunan baik itu rumah atau kendaraan yang Anda jaminkan dapat disita oleh pihak bank.

Menemukan alternatif sumber modal

Bahkan orang seterkenal Kanye West tidak menjamin bahwa usahanya pasti sukses. Munurut Christ Young dari Principal at Cassaday & Company, Inc bahwa setengah dari usaha baru gagal dalam lima tahun pertama.

"Jika Anda menginvestasikan aset pribadi Anda dalam usaha dan gagal, Anda bisa kehilangan tabungan Anda, uang pensiun atau bahkan aset pribadi lainnya yang Anda investasikan dalam usaha tersebut," demikian terang Christ Young.

Karenanya Young menyarankan untuk mencari sumber modal dengan cara lain, salah satunya adalah dengan mencari pinjaman lunak khusus usaha. Atau ada cara lain adalah pinjaman dari teman atau saudara dengan bunga yang kecil atau bahkan tanpa bunga sama sekali.

Hal senada juga diungkapkan oleh LaTisha Styles, pendiri website personal finance, Young Finance, "Mungkin akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengembangkan usaha Anda jika Anda menggunakan hal ini tapi Anda akan mengurangi resiko."

Terakhir, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan website untuk mengumpulkan pemodal dari masyarakat umum atau yang lebih dikenal crowdfunding. Selain Anda bisa mendapatkan modal tanpa harus berhutang, tapi hal ini juga bisa menarik perhatian bagi usaha Anda.

Jadi, kesimpulannya, hutang bukanlah jawaban untuk memulai usaha Anda. Ada jalan lain yang bisa ditempuh yang lebih aman dan menghindarkan Anda resiko mengalami kesulitan keuangan yang lebih besar.

Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami