Puji Astuti

Official Writer
4442


Mencari kerja itu susahnya hampir sepeti mencari jodoh. Kalau salah memilih, bisa berakhir menderita. Walau pekerjaan tidak sepermanen pasangan hidup, namun saat melamar pekerjaan perlu cermat dan teliti, daripada nanti berujung penyesalan. 

Bagaimana kita tidak menyesal, karena hampir 8 jam lebih waktu kita setiap harinya dihabiskan di lingkungan kerja, jauh lebih banyak dari pada waktu kita berinteraksi dengan pasangan hidup setiap harinya. Jadi pastikan Anda tida mengalaminya, bagaimana caranya? Saat Anda menjalani wawancara kerja adalah satu-satunya kesempatan Anda untuk mencari tahu apakah pekerjaan dan lingkungan kerja disana cocok untuk Anda. Perhatikan tanda-tanda yang muncul saat Anda berada di kantor calon tempat kerja Anda, seperti :

1.  Banyak orang baru

Saat Anda datang untuk wawancara, sambil menunggu di loby ajaklah ngobrol resepsionis disana. Jika banyak orang baru sedangkan perusahaan itu telah berdiri cukup lama, maka turnover di kantor tersebut cukup tinggi. Ini adalah tanda bahaya pertama yang harus diwaspadai.

2.  Si pewawancara mengeluh tentang stafnya

Jika saat wawancara tanpa di sadari pihak pewawancara dari perusahaan itu 'curcol' atau curhat colongan mengeluhkan tentang stafnya atau pekerjaannya, maka Anda perlu pertimbangkan lagi bekerja disana. Bayangkan jika nanti dia menjadi atasan Anda, dan dia mengeluhkan tentang Anda kepada orang lain, bukankah hal itu tidak menyenangkan? Bayangkan tim seperti apa yang dia pimpin jika atasannya sering mengkritik seperti itu. Siapkah Anda menghadapinya? Jika tidak sebaiknya ambil langkah mundur selagi belum terlalu jauh melangkah. 

3.  Mendeskripsikan pekerjaan dengan kalimat bersayap

Saat si pewawancara mendeskripkan tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang Anda lamar dengan kalimat-kalimat yang tidak jelas atau bersayap, hal itu bukan tanda yang bagus. Hal itu menggambarkan bahwa perusahaan tidak memiliki gambaran yang jelas apa yang mereka inginkan dari pekerjanya atau bahkan kemungkinan Anda akan memegang peran ganda karena ada posisi-posisi yang kosong. 

4.  Memberikan harapan yang muluk-muluk

Harapan yang berlebihan biasanya tanda yang tidak bagus, terutama jika deskripsi kerjanya tidak jelas. Bahkan mereka tidak mempertanyakan apakah latar belakang dan pengalaman kerja Anda relevan atau tidak dengan posisi yang Anda lamar. 

5.  Anda menemukan iklan pekerjaan yang sama terus menerus

Jika Anda melihat sebuah iklan lowongan kerja untuk satu pekerjaan secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka patut dipertanyakan. Mengapa tidak ada yang mengambil kesempatan untuk pekerjaan itu? Hati-hati dengan yang satu ini..

6.  Tidak ada jenjang karir

Jika perusahaan tersebut tidak membuka kesempatan Anda untuk meniti karir maka Anda akan hanya menemui jalan buntu. 

7.  Pendapat karyawan disana negatif

Tidak ada salahnya berkenalan dengan orang yang sudah bekerja disana sambil meminta pendapat mereka yang jujur tentang tempat kerja mereka. Biasanya jika tidak ada atasannya mereka berani bicara jujur. 

8.  Mereka meminta uang dari Anda

Saat Anda melamar pekerjaan mereka meminta uang dari Anda, apapun alasannya maka Anda harus berhati-hati. Bisa saja mungkin itu penipuan atau kondisi keuangan perusahaan itu buruk. Saat diminta untuk membayar sesuatu untuk melamar kerja, saran saya tinggalkan saja atau bahkan laporkan pada pihak yang berwajib untuk diselidiki. 

9.  Perhatikan tindak-tanduk karyawan disana

Bagaimana saat karyawan bertemu dengan atasannya? Apakah mereka menunduk dan bersikap sangat kaku? Ini mungkin menunjukkan bahwa mereka takut dengan atasannya atau merasa terintimidasi. Apakah ekspresi mereka saat bekerja memancarkan kegembiraan atau sebaliknya? Memperhatikan dan peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan calon tempat kerja Anda akan menghindarkan Anda dari membuat pilihan yang salah. 

Sama seperti saat kita mencari jodoh, kenali dahulu calon perusahaan yang akan Anda lamar. Lihat suasana kerja, cari tahu tugas dan tanggung jawab posisi yang Anda lamar secara jelas, perhatikan juga lingkungan kerja dan juga sikap calon rekan kerja dan atasan Anda nanti. Jika Anda menemukan semua itu cukup baik dan indera ke enam Anda mengisyaratkan hal positif maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Jika tidak maka akan lebih baik Anda menolak kesempatan itu. Karena pekerjaan bukan hanya tentang gaji besar saja, namun juga tentang proses mengerjakan pekerjaan dan juga kepuasan hati dalam menjalaninya. Selamat hunting pekerjaan sobat!


Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengankami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI
Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7259

Banner Mitra April Week 2