Kreatif Atasi Stres Dilingkungan Kerja

Psikologi / 15 April 2012

Kalangan Sendiri

Kreatif Atasi Stres Dilingkungan Kerja

Puji Astuti Official Writer
6013

Sebagian besar waktu produktif seseorang dihabiskan dilingkungan kerja. Namun seringkali tekanan pekerjaan bisa begitu menghimpit.

Berdasarkan sebuah riset yang dirilis oleh Journal of Occupational and Environmental Medicine menyatakan bahwa stress psikolokis akibat pekerjaan bisa meningkatkan resiko stroke 1,4 kali pada pria dikalangan ekonomi menengah ke atas. Bahkan, ketika dihitung 10 persen dari keseluruhan kasus stroke disebabkan oleh stress mental pada pekerjaan. 

Untuk itu membuat pekerjaan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan dikerjakan dengan sukacita adalah cara terbaik untuk mencegah rasa stress. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan bekerja dengan bahagia dan sehat :

1. Sadari bahwa bekerja bukan beban, tapi ibadah

Sadarilah bahwa pekerjaan yang kita lakukan bukan sekedar sarana untuk mencari nafkah, namun juga bagian dari kepercayaan yang Tuhan. Bekerja adalah salah satu cara yang Tuhan berikan untuk kita melayani Tuhan dan sesama, apapun pekerjaan kita. Jadi jangan menjadikan pekerjaan sebagai beban, namun jadikan sebagai bagian dari ibadah kita, jadi lakukan dengan hati dan kasih. Persepsi yang benar tentang pekerjaan kita akan membuat cara kita bekerja dan menjalaninya menjadi lebih baik.

2. Mengatur kehidupan kerja

Tekanan kerja sebagian besar bisa dihindari dengan menajemen yang baik, hal tersebut mengarah kepada mengatur berdasarkan prioritas dan tenggat waktu. Selain itu, pastikan Anda memiliki agenda dan memiliki catatan rinca dari tugas-tugas Anda. Dengan demikian maka akan mudah mengorganisirnya dan juga membuat Anda mengingat semua target yang telah ditetapkan. Karena seringkali stress muncul saat tiba-tiba pekerjaan yang seharunya sudah kita kerjakan terlupakan, dan sudah mendekati tenggat waktu yang ditetapkan.

3. Bangun suasana menyenangkan di tempat kerja

Salah satu penyebab stress di tempat kerja adalah suasana lingkungan kerja. Hal ini bisa terjadi karena hubungan yang buruk dengan rekan kerja, atau bahkan karena tata ruang yang kurang baik. Namun faktor utama pendukung kerja adalah kerjasama yang baik antar rekan kerja, untuk itu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, pemimpin maupun klien menjadi sangat penting.

Kedua, untuk masalah tata ruang hal ini bisa disiasati dengan mengatur ulang ruangan, menambah pernak pernik seperti pohon hidup atau sesuatu yang dapat meningkatkan mood Anda.

4. Motivasi diri

Motivator yang paling berpengaruh dalam hidup seseorang tidak berasal dari luar, tapi adalah dirinya sendiri. Jika seseorang tidak dapat memotivasi dirinya sendiri, pastilah ia akan mudah putus asa dan hal ini mempengaruhi mood kerjanya. Jadi Anda harus kreatif untuk memotivasi diri, seperti menghiasi meja dengan firman Tuhan dan juga kata-kata motivasi.

Masih ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat suasana kerja menyenangkan dan juga menjalaninya dengan sukacita, Anda hanya perlu kreatif. Ingatlah bahwa pekerjaan bukan sekedar mencari nafkah, tetapi juga ibadah kita, jangan biarkan stress menggerogoti hidup kita.

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami