Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Ubah Sesuatu = Ubah Diri Sumber : Google

29 March 2015

 12746
[Daily Devotional]

Ubah Sesuatu = Ubah Diri

Ratapan 3: 40

Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada Tuhan.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmu89; Lukas1; Ulang25

Tak ada seorang pun yang bisa mengubah segalanya. Tetapi setiap orang bisa mengubah dirinya sendiri. Ketika hidup terasa sangat berantakan, mengetahui hal yang perlu diubah dan yang tidak perlu diubah dapat memberi perubahan besar.

Kita tidak dapat mengubah masa lalu. Kita tidak akan dengan gampangnya bisa mengubah orang terdekat kita; orang tua, pasangan atau anak. Atau mengubah karunia dan talenta yang diberikan Allah kepada kita, cacat yang melekat pada diri kita, bahkan mengembalikan orang yang kita cintai.

Penderitaan terbesar yang akan kita alami saat diperhadapkan pada kekacauan itu adalah berusaha  mencari kedamaian dan menerima segala hal yang kita tak bisa ubah dengan terpaksa. Kita melakukannya demi orang yang kita kasihi dan demi diri kita sendiri.

Hal itu membuat kita menyadari bahwa kita tidak punya kemampuan untuk mengubah segala sesuatu, selain daripada terlebih dahulu mengubah diri sendiri. Ketika dunia tengah kacau, Yeremia menulis dalam Ratapan 3: 40, “Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada Tuhan”.

Adakah sesuatu yang terjadi dalam hidup kita saat ini yang tidak sejalan dengan keinginan Tuhan? Masa krisis bisa membantu kita untuk memfokuskan mata kita pada sesuatu yang paling penting, yaitu YESUS.

Untuk menyusun kembali hidup kita sesuai dengan cara Tuhan, kita perlu mengevaluasi diri. Kita butuh menelaah secara detail setiap aspek dalam hidup kita. Meneliti hubungan kita dengan Tuhan, pasangan, anak-anak dan rekan kerja/teman-teman. Koreksi kembali kebiasaan buruk yang telah banyak mengubah hidup menjadi lebih buruk.

Kita mungkin akan kerap mengasihani diri atas kekacauan dalam hidup kita. Tetapi hal itu hanya buang-buang waktu saja. Ingatlah tak ada seorang pun yang bisa mengubah segalanya, selain terlebih dahulu mengubah diri sendiri. Saat hidup rasanya berantakan, Tuhan mengingatkan kita untuk mengoreksi diri. Ketika Anda sudah berubah, maka perlahan-lahan Anda bisa memberi perubahan bagi orang lain.

Perubahan berawal dari kerendahan hati untuk mau mengubah diri sendiri terlebih dahulu.

Sumber : Rickwarren.org/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7264

Banner Mitra Desember week 2