Tembok Kota yang Kokoh
Kalangan Sendiri

Tembok Kota yang Kokoh

Tiurma Ida Purba Official Writer
      6411
Show English Version

Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. (Amsal 25:28)

 

Bacaan Alkitab Setahun  [kitab]Mazmu52[/kitab] ; [kitab]Kisah24[/kitab]; [kitab]Imama14-15[/kitab]

 

Penguasaan diri memiliki dua kata Yunani terjemahan egkrateia yaitu “en” (di dalam ) dan “kratos“ (kekuatan atau kuasa). Jadi penguasaan diri adalah setiap orang yang mempunyai kekuatan di dalam dirinya.

Dahulu Kaisar sering memakai kata egkrateia untuk mengungkapkan bahwa seharusnya tidak boleh mementingkan kepentingan pribadinya. Egkrateia juga memiliki arti memiliki otoritas untuk melarang diri sendiri khususnya pada kegemaran/hobi, hasrat emosi dan egoisme.

Ketika Anda seorang pemimpin yang memiliki kekuasaan begitu rupa, namun ketika Anda memiliki egkrateia, maka Anda akan bisa menguasai setiap keputusan Anda. Lalu apa kata alkitab tentang pengusaan diri ? Matius 26:41 : Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.

Bagaimana cara Anda dapat menguasai diri?

1 Timotius 4:7-8 : Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Ingatlah bahwa, kepuasan duniawi Anda saat ini adalah kesia-siaan. Tetapi Anda harus melatih diri untuk menguasai diri dan menggantinya dengan beribadah. Setiap ibadah mengandung janji. Mengapa Tuhan menyuruh umatNya untuk menjauhi takhayul dan dongeng? Karena Tuhan ingin Anda sepenuhnya mengikut Dia. Percaya kepada dongeng masa dulu adalah membawa kepada kebinasaan. Tuhan kita adalah Tuhan yang cemburu.

Ketika Anda dapat menguasai diri, maka Anda akan dapat memelihara tembok kota dalam hidup Anda. 

 

Ikuti Kami