Cepat Untuk Mendengar
Kalangan Sendiri

Cepat Untuk Mendengar

Lori Official Writer
      6228

Yakobus 1: 19

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu57[/kitab]; [kitab]Marku7[/kitab]; [kitab]IIRaj17[/kitab]

Setiap orang, tak peduli berapa usianya, memiliki kebutuhan yang mendalam untuk dihargai dan dihormati. Salah satu cara yang sangat penting untuk menunjukkan rasa hormat dalam relasi adalah berupaya mendengar orang lain dengan penuh perhatian. Jangan hanya fokus pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya, dan tidak memperhatikan kata-kata orang lain. Anda mungkin sudah tahu di mana percakapan dimulai, tetaplah memberi perhatian dan biarkan mereka menyelesaikannya.

Mungkin seseorang menanyakan sebuah pertanyaan dan Anda tahu jawabannya sebelum mereka selesai berbicara. Berusahalah menahan diri untuk memotong percakapan. Hal ini bisa dimulai ketika melakukan percakapan dengan anggota keluarga yang butuh didengarkan. Anak-anak pada umumnya memang butuh didengarkan, dan tugas orang tua untuk memenuhi kebutuhan itu dan menanamkan kepercayaan kepada anak. Sehingga orang tua bisa belajar semakin kreatif untuk berkomunikasi dengan mereka.

Ini adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memberi lawan bicara kesempatan berbagi persanaan dan sudut pandang mereka. Cara ini akan membuat lawan bicara mengetahui bahwa Anda menghargai apa yang mereka katakan.

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu membenarkan segala keputusan yang Anda ambil atau menempelkan segala hal yang Anda katakan kepada anak-anak. Tetapi Anda bisa saja selalu menemukan cara untuk menyampaikan inti yang akan Anda sampaikan secara positif dan mendidik yang memungkinkan terjadi di beberapa percakapan. Jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak remaja di rumah, Anda tahu betapa pentingnya bagi mereka untuk didengarkan. Jangan menghentikan mereka ketika mulai berbagi dengan mengatakan, “Ini bukan untuk didiskusikan!” Anak-anak hanya butuh didengarkan.

Sama seperti yang disampaikan dalam Yakobus 1: 19, “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah”. Artinya bahwa, ketika Anda cepat mendengarkan maka hal itu akan membangun kepercayaan orang lain terhadap Anda. Didengarkan membuat setiap orang dihargai dan dihormati. Jadi, hari ini cobalah berkomitmen untuk mendengarkan dan menabur benih hidup dalam hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai ataupun orang lain!

 

Seni mendengar yang baik bukanlah sekedar mendengar dengan telinga namun juga mendengar dengan hati

Ikuti Kami