7 Doa yang Berkuasa Mengubahkan Hidup
Sumber: canva

Kata Alkitab / 8 June 2023

Kalangan Sendiri

7 Doa yang Berkuasa Mengubahkan Hidup

Lori Official Writer
19246

Matius 7: 7, Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

 

Banyak orang yang sudah terbiasa menyampaikan doa-doa seperti ini:

Tuhan, tolong aku untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Yesus, tolong sembuhkan sakit tenggorokan saya.

Tuhan, kirimkan uang secukupnya untuk membayar tagihan-tagihan ini.

Bapa, cabut ketakutan saya.

Tanpa disadari doa-doa di atas kadang kala tidak bekerja maksimal. Kita pikir kita harus melakukan yang terbaik, dan jika mendapatkan campur tangan Tuhan maka hal itu bisa kita dapatkan.

Dalam nats Alkitab Matius 7: 7 dikatakan, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu”. Hal serupa juga dituliskan dalam Yakobus 4: 2, “Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa”. Lalu orang-orang percaya meyakini bahwa Tuhan mengajarkan berdoa dengan cara meminta, mencari dan mengetuk. Dengan itu pula kita percaya bahwa kita bisa meminta apa saja yang kita mau. Sehingga saat doa tampaknya tidak dijawab, kita mulai mempertanyakan kebenaran firman Tuhan.

 

Baca Juga: Mengapa Orang Kristen Selalu Mengatakan “Percaya dan Berdoa”?

 

Sesungguhnya doa yang tidak dijawab oleh Tuhan itu adalah akibat dari permintaan kita yang salah. Dalam Yakobus 4: 3 dikatakan, “Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu”. Tuhan tidak berkenan ketika Dia dijadikan sebagai Tuhan suruhan. Dalam artian, kita menjadikan Tuhan melakukan apa yang kita mau. Seperti, ‘beri aku ini/itu’, ‘lakukan ini/itu untukku’, ‘keluarkan aku dari kekacauan ini’, dan permintaan-permintaan salah lainnya.

Saat doa rasanya tiada jawaban, kita patut memeriksa kembali doa-doa kita. Doa tidak sekedar hanya meminta hal-hal yang kita perlukan kepada Tuhan, sekalipun itu adalah bagian yang penting. Namun jauh daripada itu, doa adalah waktu dimana kita berbicara kepada Tuhan. Seperti berbicara dengan orang yang paling dekat dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk bersama. Kita mencari wajah Tuhan terlebih dahulu, kita memuji dan menyembah-Nya, dan mengenal-Nya lebih dekat dan menunggu dihadapan-Nya. Kiat mengambil waktu untuk mengatakan, “Bicaralah di dalam hatiku, Tuhan, dan katakan apa yang perlu aku dengarkan”. Hal ini akan menyelaraskan roh kita dengan Allah agar kita mampu melihat bahwa kehendak-Nya lah yang sempurna. Hal inilah yang membangun diri dan kehidupan kita untuk bisa terhubung secara pribadi dengan Tuhan.

Kita tidak akan pernah menerima yang terbaik dari Tuhan jika kita tidak membawa diri kita untuk mengenali kehendak Tuhan bagi kita, kecuali melalui doa. Kita patut berdoa untuk segala sesuatu sepanjang waktu, bukan hanya ketika sesuatu tampak buruk. Kita harus berdoa atas apa pun juga yang berada disekeliling kita, tak peduli seberapa besar pun hal itu. “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil (Lukas 1: 37) atau “..rambut kepalamupun terhitung semuanya (Matius 10:30)”.

 

Baca Juga: Berdoa Dengan Percaya

 

Jika kita benar-benar ingin mengalami Tuhan dan kuasa-Nya terjadi dalam hidup kita, maka mulailah berdoa dengan 7 langkah ini.

Langkah 1: Melakukan pengakuan dosa dihadapan Tuhan

Langkah 2: Mengucap syukur atas pengorbanan Yesus di kayu salib

Langkah 3: Mengucap syukur atas kebebasan dari dosa yang sudah dibayar lunas

Langkah 4: Penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan

Langkah 5: Mengucapkan pujian kepada Tuhan baik dengan nyanyian dan doa

Langkah 6: Menyampaikan iman atau komitmen di hadapan Tuhan, serta

 

Langkah 7: Meminta berkat untuk kehidupan yang kita jalani

 

Baca Juga: Berdoa Lebih Baik Daripada Mengeluh

 

Semakin banyak berdoa, maka Tuhan akan semakin scepat mengabulkan doa-doa kita. Hal itu akan mendorong kita untuk dipakai sebagai pendoa bagi orang lain. Jangan biarkan kekecewaan atas doa yang tidak terjawab menimbulkan keraguan kita atas kuasa Tuhan. Tapi kita perlu ingat bahwa jika kita sudah menerima Yesus dan berdoa di dalam nama-Nya, Ia akan mendengar doa tersebut, dan sesuatu akan dimanifestasikan ke dalam kehidupan kita. Bahkan, setiap kali kita berdoa, tujuan Allah akan hadir melalui Anda. Sebaliknya, tanpa doa tujuan Allah tidak akan terjadi.

 

Artikel ini diubah seperlunya tanpa mengurangi maksud penulisan buku 7 Prayers That Will Change Your Life Forever oleh Stormie Omartian.

Sumber : Christianitytoday.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami