Manfaat Terapi Musik Bagi Kesehatan Mental

Manfaat Terapi Musik Bagi Kesehatan Mental

Lori Official Writer
7007
“Setiap kali saya bermain (biola), saya melihat ada perubahan. Saya akan menyalurkan emosi saya lewat musik. Ketakutan akan beralih ke musik. Beralih dalam suara,” tutur pemain Biola sekaligus bekas penderita Skizofrenia, David Binanay, seperti dilansir Lifehack.org.

Musik menjadi pengobatan alamiah Binanay selama menderita Skizofrenia selama lima tahun. Skizofrenia adalah penyakit gangguan psikologi yang ditandai dengan serangan delusi/halusinasi, ketakutan/paranoid serta pikiran yang kacau. Biasanya penderita ini akan diserang rasa gemetar yang hebat dan pikiran mulai terpisah dari realita.

Binanay menemukan, terapi musik menjadi pengobatan yang mudah dan manjur dibanding dengan perawatan dengan beragam obat-obatan dan suntikan. Untuk sembuh dari penyakit ini, Binanay secara teratur memainkan biola selama 10 jam setiap hari di rumah sakit. “Musik telah mempercepat proses pemulihan saya. 180 derajat berputar. Dari yang hancur lalu secara total lahir kembali. Saya merasa seperti orang yang lebih baik dari sebelumnya,” tutur Binanay.

Tak hanya menyembuhkan penderita Skizofrenia, musik juga bisa menjadi obat bagi para penderita stroke yang kehilangan kemampuan berkomunikasi.

Dalam bukunya, The Power of Music, penulis Elena Mannes berbagi kisah tentang penderita stroke yang berjuang untuk belajar kembali tentang pola berbicara dengan menyanyi. Terapi ini dinamakan terapi intonasi melodi yang dapat membantu kemampuan berbahasa yang berpusat di bagian otak kanan.

Dua kisah di atas tentu saja menjadi bukti bahwa musik adalah salah satu cara terapi ampuh bagi penyembuhan mental seseorang. Selain itu, musik juga bermanfaat untuk:

- Menghilangkan rasa sakit pada pasien pasca- bedah dan mengurangi jumlah anestesi selama operasi.

-  Meredakan stres dan kecemasan sebab musik dapat menenangkan dan menurunkan tekanan darah dan menstabilkan detak jantung.

- Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi hormon stres dan meningkatkan hormon pertumbuhan.

- Obat kebahagiaan. Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik merangsang sistem mesocorticolimbic di otak yang merupakan pusat kebahagiaan yang dipicu oleh humor, makanan lezat dan kokain.

Dari beragam manfaat musik di atas, dapat disimpulkan bahwa musik dan kesehatan berkaitan erat baik bagi otak, jiwa maupun tubuh. Terapi musik sangat sbaik bagi kesehatan karena noninvasif, murah, nyaman dan tanpa efek samping. Sehingga menjadi pilihan pengobatan yang tepat untuk mengurangi stres, kecemasan, rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Bagi Anda yang terserang penyakit dan membutuhkan dukungan doa serta konsultasi secara personal, dapat menghubungi kami di counseling center kami: 0-800-151-3344 (bebas pulsa) atau email/live chat di kotak bertanda di bawah artikel ini. Kami siap melayani Anda 24 jam setiap hari.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls

Ikuti Kami