Dari Mata Turun Ke Hati
Kalangan Sendiri

Dari Mata Turun Ke Hati

Tiurma Ida Purba Official Writer
      9780
Show English Version

Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu. (Lukas 11:34)

Bacaan Alkitab Setahun  [kitab]Mazmu81[/kitab] ; [kitab]0Roma9[/kitab]; [kitab]Ulang9-10[/kitab]

Mata adalah salah organ tubuh yang berguna untuk melihat. Tanpa mata, manusia tidak akan bisa membedakan terang atau gelap dan tidak tahu apa yang sedang terjadi di sekelilingnya. Mata sering di sebut jendela dunia. Dengan memiliki mata, Anda bisa melihat dunia dengan jelas. Namun, terkadang mata dikendalikan oleh pikiran.

Contohnya banyak anak-anak muda yang tidak memakai matanya untuk memuliakan Tuhan, namun lebih mengikuti pikiran dan hawa nafsunya dengan melihat pornografi. Ini hanya salah contoh saja. Ketika Anda menuruti hawa nafsu Anda dengan melihat-melihat yang tidak benar, maka apa yang Anda lihat akan tertanam di hati. Sama ketika Anda jatuh cinta pada pandangan pertama, dari mata turun ke hati.

Amsal 4:23: Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Amsal mengatakan bahwa hati adalah pancaran kehidupan. Jika, Anda tidak menjaga hati, maka kehidupan Anda akan tercemar. Mintalah kepada Tuhan agar pikiran Anda dipenuhi setiap firman sehingga Anda Anda bisa melihat hal – hal yang positif.

Setiap anggota tubuh Anda berpeluang untuk melakukan dosa termasuk mata. Namun, semuanya diawali dengan pikiran. Lalu, apa kata alkitab dengan mata yang cemar?

Matius 18:9 : Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.

Alkitab dengan tegas mengatakan bahwa mata yang cemar, lebih baik di tiadakan atau di buang. Kiranya Anda dapat menjaga mata Anda, seperti Tuhan menjadikan Anda biji mataya.

 

Ketika Anda memiliki mata Kristus, maka Anda dapat melihat hal-hal besar yang terjadi dalam hidup Anda.

Ikuti Kami