4 Makhluk Terkecil Namun Bijak
Sumber: suara.com

Kata Alkitab / 17 June 2023

Kalangan Sendiri

4 Makhluk Terkecil Namun Bijak

Tiurma Ida Purba Official Writer
18033

Alkitab mengajarkan bahwa ada 4 makhluk terkecil di dunia dan mungkin Anda akan melihatnya sangat tidak berarti. Namun, alkitab mengatakan bahwa 4 makhluk ini adalah makhluk yang bijak. Amsal 30 : 24 : “ Ada empat binatang yang terkecil di bumi, tetapi yang sangat cekatan. Berikut ini adalah 4 makhluk tersebut:

 

1. Semut

Amsal 30: 25, “ Semut, bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas."

Semut adalah binatang yang lemah. Namun, tahukah Anda bahwa semut adalah bintang yang suka bekerja keras. Meskipun musim panas tiba, mereka tetap bekerja agar ada makanan pada musim dingin.  Anda dapat belajar dari semut bahwa bekerja adalah kesukaan bagi Tuhan.

Amsal 6: 6-8, “ Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

 

Baca Juga: Tuhan ingin Kita Belajar dari Empat Binatang Kecil

 

Tuhan menyukai orang –orang yang rajin. Dia melihat sikap hati Anda. Ketika tidak ada pimpinan di kantor, Anda tetap bekerja dengan sungguh-sungguh.

Yohanes 5:17, “ Tetapi Ia berkata kepada mereka: “ Bapaku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

 

2. Pelanduk

Amsal 30 : 26, “ Pelanduk, bangsa yang lemah, tetapi yang membuat rumahnya di bukit batu."

Pelanduk adalah bangsa kedua yang terlemah. Pelanduk membuat rumah di atas bukit batu agar mereka aman dan terlindungi. Sama halnya dengan Anda. Anda harus menjadikan Tuhan sebagai gunung batu, tempat perlindungan yang kekal. Karena, perlindungan pada dunia adalah kebinasaan.

Mazmur 90:1, “ Tuhan, Engkaulah tempat perteduhan kami turun-temurun."

 

3. Belalang

Amsal 30: 27, “ Belalang yang tidak mempunyai raja, namun semuanya berbaris dengan teratur”.

Binatang lemah yang ketiga adalah belalang. Belalang tetap berbaris walaupun tidak memiliki pemimpin. Jumlah mereka banyak, namun mereka sadar bahwa dengan bersama-sama dan tetap dalam barisan, mereka bisa saling menguatkan. Sama halnya dengan Anda, tetaplah mengasihi satu sama lain. Dengan demikian, Anda dapat bersama-sama saling bergandengan tangan.

 

Baca Juga: Malas Tidak Akan Membawamu Kemanapun, Ayo Belajar Dari Semut

 

4. Cicak

Amsal 30:28, “ Cicak yang dapat kau tangkap dengan tangan, tetapi yang juga ada di istana- istana raja."

Binatang terakhir yang lemah adalah cicak. Meskipun Anda dapat menangkapnya dengan tangan, namun cicak tetap ada di ruangan-ruangan istana raja.  Maka, Anda dapat belajar dari cicak. Tetap menjadi orang yang tulus hati, maka Tuhan akan menempatkan Anda di tempat-tempat yang membuat Anda dapat menjadi berkat.

Kiranya, Anda dapat belajar dari 4 makhkuk ini. Tuhan ingin Anda menjadi terang dan kesukaanNya. Dalam hidup tantangan itu tetap ada, namun percayalah Tuhan menyertai Anda. Meskipun Anda tidak dianggap dunia, namun Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah orang bisa menjadi berkat karena Tuhan selalu bersama dengan Anda. 

Sumber : Manna Sorgawi
Halaman :
1

Ikuti Kami