Pencarian Keadilan
Kalangan Sendiri

Pencarian Keadilan

Lori Official Writer
      5735
Show English Version

Pengkhotbah 3: 16

“Ada lagi yang ku lihat di bawah matahari: di tempat pengadilan, di situ pun terdapat ketidakadilan, dan di tempat keadilan, di situ pun terdapat ketidakadilan”

 

Bacaan Alkitab Setahun:

Bagi sebagian besar orang yang merasa dirugikan akan tindakan/kesalahan orang lain, akan menuntut si pelaku setidak-tidaknya melalui jalur hukum. Namun tak sedikit kasus yang ditangani melalui jalur hukum justru timpang, dimana orang benar tidak mendapat keadilan dan sebaliknya orang salah malah bebas dari pidana.

Kita tentu sering kali menyaksikan jenis skenario ini dimainkan di beragam media pemberitaan atau film-film layar lebar. Kita secara naluriah mengharapkan keadilan, namun terasa sulit untuk mendapatkannya. Dalam sejarahnya Raja Salomo, orang paling bijak di zamannya, pernah menghadapi hal serupa dimana ia merasa frustasi dan kecewa. Ia melihat bahwa manusia tidak sempurna dan tidak pernah dapat menegakkan keadilan yang sempurna (Pengkhotbah 3: 16).

Jika kita mempercayai orang-orang yang tidak sempurna, maka kita akan kehilangan harapan. Tetapi Salomo dengan bijaksana menambahkan dalam ayat 17 bahwa, “Allah akan mengadili baik orang yang benar maupun yang tidak adil, karena untuk segala hal dan segala pekerjaan ada waktunya”.

Anda akan kecewa bila mencari keadilan dari manusia, sebab keadilan yang sempurna ada pada Tuhan sendiri. Ia adalah hakim yang adil, yang menghakimi sesuai dengan perbuatan kita.


Tuhan yang kekal akan membawa cahaya keadilan untuk menghakimi dosa yang tampak menang dan kesalahan yang tampak benar di dunia.

Ikuti Kami