5 Perlombaan dan Acara Unik Ini Meriahkan Hari Kartini
Sumber: Blogspot.com

Nasional / 21 April 2014

Kalangan Sendiri

5 Perlombaan dan Acara Unik Ini Meriahkan Hari Kartini

Lori Official Writer
90856

Peringatan hari Kartini hari ini, 21 April disambut dengan meriah oleh berbagai pihak. Perayaan hari khusus bagi pahlawan wanita sekaliber Kartini ini bahkan menarik perhatian lantaran digelar dengan beragam lomba dan acara unik dan berbeda. Seperti lima perlombaan yang tak lazim ini.

Lomba balap gerobak sapi

Lomba balap gerobak sapi menjadi lomba yang baru pertama kali digelar di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, daerah istimewa Yogyakarta. Lantaran dirancang khusus untuk peringatan hari kartini, lomba bahkan diketuai oleh seorang perempuan. Lomba ini diikuti oleh 40 peserta. “Lomba ini diambil 4 pemenang untuk domba dan banyak hadiah lain,” kata Ketua Panitia Rina Wijayani seperti dilansir Tempo.co, Senin (21/4).

Lomba Tenis pakai kebaya

Kota Surabaya juga tak kalah unik, lomba tenis pakai kebaya bahkan menjadi hiburan dalam peringatan hari Kartini. Lomba ini digelar oleh Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Kota Surabaya. Dari sebanyak 14 orang yang mendaftar, didapatkan sebanyak 9 orang pemenang. Tak hanya itu, wanita-wanita gabungan Dharma Wanita KMUA ini bahkan juga menggelar lomba memasak nasi goreng berkebaya yang tak kalah serunya.

Upacara berbahasa Jawa

Untuk memperingati hari Kartini, ratusan siswa siswi SMA Ksatrian 2 Semarang menggelar upacara berbahasa Jawa. Uniknya lagi, petugas dan inspektur upacara ini bahkan dipimpin oleh wanita lengkap berkostum kebaya. Upacara hari ini dinilai tampak sangat unik dan berbeda.

Siswa wajib berpakaian adat

Untuk memperingati hari Kartini, salah satu sekolah di Cirebon, Jawa Barat mewajibkan murid sekolahnya mengenakan pakaian adat dan rias wajah. Imbasnya, banyak salon yang akhirnya banjir orderan penyewaan pakaian adat dan rias wajah. Seperti diketahui, sekolah ini tak pernah absen menggelar acara yang sama setiap tahunnya. Siswa siswi bahkan menyambutnya meriah dan sukacita.

Penghuni Lapas Lomba Fashion Show

Tak ketinggalan, penghuni  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi bahkan menggelar ajang Fashion Show wanita di Lapas Sukabumi. Sebanyak 12 tahanan perempuan diberi kesempatan untuk berlenggak lenggok di atas catwalk yang berada di tengah-tengah Lapas. Mereka memperagakan baju kebaya di depan para tahanan lainnya. Fashion Show ini bahkan dinilai oleh tim juri. Para peserta juga diuji pengetahuannya seputar hari Kartini dan persoalan yang kerap dihadapi wanita. Dengan lomba ini, mereka yang berasal dari latar belakang pengguna narkoba dan korban trafficking dapat mengubah kehidupannya menjadi wanita-wanita berkualitas.

Seperti diketahui, hari Kartini merupakan momentum peringatan atas perjuangan pahlawan perempuan Jawa, R.A Kartini bagi kaum perempuan Indonesia. Ia dikenal sebagai pahlawan yang bekerja keras untuk memperjuangkan kesetaraan gender, sehingga kaum perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata. Berkat perjuangan itu pula, sosok Kartini menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia, khususnya dalam mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang sederajat dengan kaum laki-laki. Mari menjadi wanita-wanita penerus yang kuat dan tangguh seperti Kartini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Rayakan Paskah, Rakyat Ukraina Harapkan Perdamaian

Paskah Serukan Pesan Damai Pemilu 2014

Hilangkan Stres Kerja Dengan Permainan Kreatif

Tak Paham Berisiko Keguguran, Dinda Protes Bumil di KRL

Kejutan Spesial Paskah Untuk Suami Terkasih

Memberkati, Bukan Untuk Diberkati

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami