Media ‘Reuters’ Sebut Ahok Gubernur Kristen Jakarta Pertama
Sumber: Cnnindonesia.com

Internasional / 21 November 2014

Kalangan Sendiri

Media ‘Reuters’ Sebut Ahok Gubernur Kristen Jakarta Pertama

Lori Official Writer
7593
Pelantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta Rabu (19/11) kemarin di Istana Negara, Jakarta disorot oleh Reuters, media luar yang bermarkas di London, Inggris. Dalam beritanya berjudul ‘Christian Sworn in As Jakarta Governor After Hardline Muslim Protests’, penulis menyebut Gubernur Kristen Jakarta pertama itu resmi dilantik kendati mendapat protes dari kelompok Muslim garis keras.

Alasannya, kelompok Musim garis keras itu menolak dipimpin oleh Gubernur yang berasal dari non- Muslim. Sebelum dilantik kelompok ini telah melakukan berbagai aksi protes yang dinilai cukup anarkis sebagai upaya untuk menggagalkan pengangkatan Ahok. Aksi itu sekaligus dinilai sebagai bentuk intoleransi yang masih terus berkembang di negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia ini.

Untuk menghindari aksi protes serupa, pemerintah telah menjamin keamanan dengan mengerahkan ribuan polisi di sekitar ibu kota. Namun, untungnya pelantikan yang secara langsung dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla itu berjalan dengan lancar.

Terkait penolakan pelantikannya sebagai Gubernur, Ahok dengan tegas mengatakan bahwa sebagian besar dari orang-orang tersebut berasal dari luar kota dan bukan warga Jakarta. “Orang-orang yang menolak saya bukan warga Jakarta. Mereka warga dari Bekasi, Depok dan Bogor, yang justru bukan wilayah saya,” kata Ahok.

Setelah hampir 50 tahun, Ahok secara resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta pertama yang berasal dari agama non – Muslim. Ia adalah Gubernur Jakarta pertama yang berasal dari etnis Tionghoa. Ia dikenal sebagai pribadi yang transparan, tanpa basi-basi dan kadang kala keras. Namun gaya kepemimpinan itu banyak dipuji oleh warga. Tak sedikit dari organisasi Muslim yang juga mendukung kenaikan Ahok.

Sumber : Reuters.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami