Ahok Gubernur Pertama yang Dilantik Presiden
Sumber: jawaban.com

Nasional / 17 November 2014

Kalangan Sendiri

Ahok Gubernur Pertama yang Dilantik Presiden

Lori Official Writer
3135
Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan segera resmi dilantik menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta pada Selasa, 18 November 2014 esok. Pengangkatan ini bakal dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Seperti dilansir Kompas, Minggu (16/11), Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan mengatakan, Ahok akan menjadi Gubernur pertama yang dilantik oleh Presiden. Pasalnya hal itu sudahdiatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Apabila Presiden berhalangan, maka akan digantikan dengan Wakil Presiden. Dan jika keduanya juga berhalangan, maka akan digantikan oleh Menteri Dalam Negeri.

Pelantikan yang akan dilakukan esok hari ini hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres), berkas-berkas ini bahkan sudah diserahkan oleh Kemendagri kepada Presiden Joko Widodo.

“Semoga bisa cepat keluar Keppresnya, dan kalau memungkinkan bapak Presiden bisa melantik langsung,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Senin (17/11).

Pelantikan ini memang sudah dipastikan akan berlangsung kendati banyak menuai polemik. Pasalnya Jokowi dan Ahok sudah berkomunikasi secara langsung sesaat setelah Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriani Widodo tiba di Tanah Air pada Minggu (16/11) kemarin.

Seperti dituturkan Ahok, Jokowi akan segera mengurus surat Keppres dan bertemu dengan para menterinya. “Beliau bilang, besok akan urus (tanda tangani Keppres Pelantikan) dan besok ketemu menteri-menterinya. Itu aja sih,” kata Ahok, Minggu (16/11) kemarin.

Pelantikan akan digelar di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta. Pengamanan pelantikan ini akan sama seperti pelantikan Presiden beberapa waktu lalu. Sebanyak 10 ribu personel gabungan TNI-Polri. Pengamanan ini merupakan langkah antisipasi terhadap unjuk rasa yang akan diprediksi akan terjadi. Mari dukung pelantikan Ahok agar berjalan lancar dan aman.

Sumber : Kompas.com/Republika.co.id/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami