Edy Suandi Hamid : 'Caleg' Rentan Stres Pascapemilu

Edy Suandi Hamid : 'Caleg' Rentan Stres Pascapemilu

Lori Official Writer
4008

Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII) Edy Suandi Hamid menyampaikan bahwa para calon anggota legislatif sangat rentan dalam menghadapi stres pasca pemilihan umum. Salah satu sumber penyakit itu dipicu oleh persaingan antar caleg dalam memperebutkan kursi kekuasaan di pemerintahan.

“Apabila tidak memiliki kesiapan mental yang baik, calon anggota legislatif (caleg) yang kalah rentan mengalami stres atau depresi berat yang dapat berunjung pada gangguan mental,” kata Edy, seperti dilansir Beritasatu.com, Senin (27/1).

Sebagai pelaksana, rakyat berperan penting sebagai kunci penentu  hasil pemilihan umum nanti. Sehingga fenomenanya, banyak caleg yang kalah jatuh stres lantaran telah terlanjur menghabiskan harta bendanya. “Fenomena semacam itu yang diprediksi dapat terjadi pasca-Pemilu 2014,” tandas pria yang juga Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) ini.  

Edy menyampaikan psikolog sangat berperan penting untuk meredam dampak sosial pascapemilu tersebut. Psikolog, kata Edy, juga harus jeli melihat realita sosial atas serangan gangguan kesehatan mental masyarakat lantaran persoalan yang merundung kehidupannya.

Seperti yang disampaikan oleh Edy, untuk menjadi calon legislatif  (caleg) harus terlebih dahulu mempersiapkan mental secara khusus agar berlapang dada menerima kekalahan pribadi dan kemenangan orang lain.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Model Seksi Indonesia yang Jadi Wakil Rakyat

Sambut Imlek, McDonald Sajikan Burger Babi

Gereja Serukan Perdamaian Bagi Ukraina

Merpati Perdamaian Vatikan Diserang Gagak dan Camar

Kisah Nyata Indra, Belajar Ilmu Hitam untuk Balas Dendam

Jawaban.com Membawa Inspirasi

Sumber : Antaranews.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami