Aplikasi Ponsel Pendeteksi Penyakit

Aplikasi Ponsel Pendeteksi Penyakit

Lori Official Writer
7299

Bila di zaman teknologi canggih ini kebanyakan ponsel diperuntukkan sebagai alat komunikasi, maka sejumlah pakar mulai meluncurkan aplikasi ponsel yang berfungsi untuk mendeteksi kesehatan penggunanya.

Aplikasi-aplikasi ponsel ini menyediakan akses informasi untuk mengidentifikasi dan memonitor beragam masalah penyakit yang mengancam kesehatan. Berikut aplikasi-aplikasi ponsel yang berfungsi untuk mendeteksi penyakit, seperti dikutip dari Dailymail.co.uk ini.

Doctor Mole untuk deteksi penyakit kanker kulit

Doctor Mole adalah satu dari sekian banyak aplikasi ponsel yang disediakan untuk mendeteksi melanoma, sejenis kanker kulit ganas dan sangat berbahaya. Aplikasi ini digunakan dengan cara mengambil gambar dari kulit, kemudian aplikasi akan secara langsung mendeteksi tiga indikasi, yakni asimetri, garis perbatasan dan warna kulit. Hasil itu dapat disimpan untuk kemudian diperbandingkan di kemudian waktu. Aplikasi ini tersedia bagi ponsel jenis iPhone, Android dan Windows.

iBGStar untuk mendeteksi penyakit diabetes

Awalnya aplikasi ini diperuntukkan untuk menyediakan informasi diet dan gaya hidup, tetapi baru-baru ini iBGstars digunakan untuk tes darah. Keuntungan aplikasi ini adalah mampu mengontrol kadar diabetes seseorang secara terperinci. Aplikasi ini telah tersedia di iPhone 5 dan iPad.

Sleep Assess untuk gejala apnea tidur

Bagi penderita apnea tidur atau gangguan tidur dengan kesulitan bernapas berulang kali ketika sedang tidur, dapat menggunakan aplikasi sleep assess  dapat digunakan untuk merekam pola tidur yang seseorang yang terkena gejala penyakit tidur mendengkur. Profesor Jim Horne, mantan kepala Pusat Penelitian Tidur di Loughborough University mengatakan bahwa mendengkur dengan sendirinya, selain menjadi gangguan bagi pasangan, kondisi itu menandakan bahwa saluran bagian atas pernapasan dalam kondisi terhambat. Aplikasi sleep assess dapat digunakan untuk merekam cara tidur dan mengkonsultasikannya kepada dokter ahli.

uHear untuk mendeteksi pendengaran  

Aplikasi ponsel yang disediakan untuk iPhone ini mampu mendeteksi gangguan pendengaran dengan mengukur frekuensi suara dalam kondisi berbeda, bahkan dapat juga mendeteksi suara ditengah kebisingan. Suara akan digambarkan dalam sebuah grafik sebagai hasil dari nada suara di telinga pendengar. Alat ini mengukur tingkat pendengaran seseorang apakah mengalami gangguan pendengaran atau masih dalam kondisi normal.

Know Your Heart Rhythm untuk menghitung detak jantung

Aplikasi yang satu ini digunakan untuk memantau denyut nadi Anda lewat ponsel iPhone 5. Aplikasi ini dikembangkan dengan dukungan lembaga amal Aritmia Alliance. Aplikasi ini bekerja dengan meneliti pantulan cahaya dalam pembuluh darah di bawah permukaan kulit dan menganalisis apakah terjadi gangguan irama jantung lewat denyut nadi yang ditangkap oleh ponsel. Sayangnya, aplikasi ini  masih hanya tersedia untuk jenis ponsel iPhone 5.

Bila selama ini kita hanya mengetahui bahwa ponsel canggih seperti smartphone hanya dapat digunakan untuk memperluas jangkauan komunikasi atau selfie, tak ada salahnya bila Anda dapat memakai aplikasi-aplikasi kesehatan di atas untuk memperoleh informasi seputar kesehatan diri Anda. Canggih bukan?

Sumber : Dailymail.co.uk/jawaban.com/ls

Ikuti Kami