Ponsel Pintar untuk Tes Psikologi

Entertainment / 10 March 2013

Kalangan Sendiri

Ponsel Pintar untuk Tes Psikologi

daniel.tanamal Official Writer
3768

Para ilmuwan di Norwegia berhasil mengembangkan aplikasi telepon selular khusus. Mereka mengembangkan aplikasi yang mirip dengan program psikologi yang digunakan di laboratorium untuk mengukur fungsi otak. 

Salah satu contoh yang bisa digunakan dalam aplikasi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology itu adalah mendengarkan dua suku kata yang berbeda di setiap telinga pada saat bersamaan, dan menyebut suku kata mana yang paling jelas terdengar. Menurut anggota tim peneliti, Josef Bless, "tes itu menentukan sisi otak manakah yang paling aktif dalam memproses bahasa."

Hingga kini lebih dari 1.000 orang telah mengunggah aplikasi gratis itu, dan separuh dari mereka telah mengirim hasil tesnya kepada para peneliti. "Hasil dari aplikasi itu dapat diandalkan seperti tes-tes yang dilakukan di laboratorium," kata Bless.

Bless memperkirakan akan melihat semakin banyak tim peneliti psikolog yang menggunakan aplikasi telepon seluler itu untuk mengumpulkan data. Kini para peneliti juga telah mengembangkan versi perangkat lunak bagi orang-orang yang menderita halusinasi pendengaran. Para ilmuwan mengatakan aplikasi itu membantu pasien-pasien belajar mengabaikan suara-suara di dalam kepala mereka.

Sumber : VOA
Halaman :
1

Ikuti Kami