Lawan Penyakit dengan Kayu Manis

Lawan Penyakit dengan Kayu Manis

Theresia Karo Karo Official Writer
7266

Indonesia kaya akan rempah-rempah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kayu manis. Rempah yang satu ini dikenal sebagai tambahan yang sering dicampur dalam makanan dan minuman. Selain aromanya yang khas, kayu manis ternyata sangat bermanfaat mengobati berbagai jenis penyakit. Berikut beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

Aktivitas Otak Meningkat

Aromanya yang sedap ternyata dapat meningkatkan aktivitas otak. Selain itu juga membantu mendukung konsentrasi, ingatan dan kecepatan bekerja, terutama bagi anda yang bekerja sebagai program komputer.

Anti Bakteri

Minyak alami yang berasal dari kayu manis atau yang disebut dengan cinnamaldehyde, ternyata dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh termasuk sariawan. Atas kandungan anti bakteri ini, kayu manis bahkan dapat digunakan sebagai pengawet makanan yang alami.

Cegah Penggumpalan Darah

Dilansir dari whfoods.com, minyak kayu manis juga bisa mencegah penggumpalan darah. Kayu manis dapat mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak inilah yang berperan mengurangi radang dan penggumpalan darah.

Fungsi Penghangat

Pengobatan tradisional China biasa menggunakan kayu manis untuk mengobati demam dan influenza. Hal ini karena kayu manis ternyata mengandung zat yang berperan membuat tubuh semakin hangat dan memberi kenyamanan.

Kesehatan Pencernaan

Kandungan yang terdapat dalam kayu manis yakni, kalsium, serat dan mineral seperti mangan. Semuanya ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan usus, serta melindungi diri dari penyakit jantung. Selain itu juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Sedangkan serat kayu manis dapat mengobati diare

Kontrol Gula Darah

Antioksidan yang terkandung dalam kayu manis dapat membantu mengontrol tingkat gula darah. Pada pasien diabetes tipe-2, kayu manis berperan dalam memperbaiki respon insulin dan membantu proses pencernaan setelah makan. Satu gram kayu manis bisa menurunkan tingkat gula darah, , triglycerides, kolesterol buruk, kolesterol total pada pasien diabetes, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

Kayu manis ternyata bermanfaat “manis” bagi tubuh. Rempah ini dapat dijadikan sebagai obat alami. Jadi jangan ragu lagi untuk menambahkan kayu manis pada makanan dan minuman untuk membantu anda menjaga kesehatan tubuh.

 

Baca Juga:

Catatan Penting Bagi Yang Akan Menikah!

Pasti Naikkan Harga BBM, Jokowi Siap Tidak Popular

6 Mitos Stres Yang Sering Disalah Artikan

Survei: Banyak Orangtua Bosan Temani Anak Bermain

Do Something! Panggilan Untuk Bertindak Dari Matthew West


Sumber : Merdeka/Redaksikita.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami