Snowden Sebut Pulitzer Prize Sebagai 'Pengakuan'

Snowden Sebut Pulitzer Prize Sebagai 'Pengakuan'

Lori Official Writer
2758

Mantan agen intelijen (NSA) Amerika Serikat, Edward Snowden berkomentar seputar raihan penghargaan tertinggi jurnalistik terhadap media harian The Washington Post dan The Guardian. Keduanya mendapatkan penghargaan kategori Layanan Publik terbaik setelah mengangkat berita terkait bocoran dokumen rahasia oleh Snowden.

Snowden menyampaikan ucapan selamat kepada kedua surat kabar itu pada Senin (14/4). Ia menyatakan pemberian Pulitzer Prize menjadi  ‘pengakuan bahwa publik memiliki peranan dalam pemerintahan’. “Karya mereka telah memberi kita masa depan yang lebih baik dan demokrasi yang lebih akuntabel (bertanggung jawab, red),” ujar Snowden, seperti dikutip Usatoday.com, Senin (14/4).

Dirinya juga turut memuji para reporter yang terjun dalam menyelisik kasus penyadapan NSA yang dibocorkannya sejak Juni 2013 silam. Ia menyebutnya sebagai upaya yang gagah berani dalam mengungkapkan kebenaran di balik beragam kontroversi dan reaksi dunia atas kasus pembocoran rahasia intelijen itu.

Penghargaan ini diterima oleh empat reporter dari dua surat kabar ternama tersebut. Mereka diantaranya Glenn Greenwald dari The Guardian, Barton Gellman dari The Washington Post. Demikian juga dengan Laura Poitras dari kedua media serta Ewen MacAskill dari The Guardian.

Untuk diketahui, Pulitzer Prize menjadi ajang penghargaan tahunan di bidang jurnalistik, dan digelar setiap April oleh presiden Columbia University. Nama penghargaan ini diangkat dari nama Joseph Pulitzer, seorang wartawan kelahiran Hungaria yang menjadi perintis lahirnya koran di abad ke-19.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Cawapres Ideal Untuk Jokowi Versi Surya Paloh

Namanya Masuk Soal UN, Jokowi Bilang Itu Tak Relevan

Ruhut: Jokowi Bisa Stres Duet Dengan JK

Sekolah Disita, Ujian Siswa SMA 17 Yogya Diungsikan

Kemeriahan Minggu Palma Sambut Pekan Suci Paskah

Memberkati, Bukan Untuk Diberkati

Sumber : Usatoday/Guardian/ls

Ikuti Kami