Diet Makanan, Cara Terbaik Perlambat Perkembangan Glaukoma
Sumber: google.com

Gizi & Nutrisi / 29 March 2014

Kalangan Sendiri

Diet Makanan, Cara Terbaik Perlambat Perkembangan Glaukoma

Budhi Marpaung Official Writer
6731

Seiring bertambahnya usia, manusia biasanya akan menghadapi sejumlah masalah kesehatan. Pada organ mata, glaukoma adalah salah satu persoalan yang sekarang kerap dialami oleh para pria maupun wanita berumur.

Secara singkat, glaukoma merupakan penyakit mata yang merusak saraf optik ketika, aqueous humor cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Pada umumnya, proses ini tidak menyakitkan dan terjadi secara bertahap sehingga Anda tidak mengetahui gejalanya. Namun ada diet yang dapat membantu pasien glaukoma dalam memperlampat perkembangan glaukoma dan membantu menjaga penglihatan mereka. Berikut diet yang dapat memperlambat glaukoma seperti dilansir healthmeup:

1. Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B kompleks. Nutrisi ini akan membantu melindungi mata. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan segar dan sayuran merupakan sumber yang baik dari nutrisi ini.

2. Hindari mengkonsumsi kopi karena kandungan kafein yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan tekanan intraokular (TIO).

3. Wortel dan sayuran berdaun hijau tua sangat membantu menurunkan risiko glaukoma hampir 60 %.

4. Minum teh hijau dapat membantu melindungi mata. Sebuah studi menemukan bahwa retina dan humor aqueous menyerap antioksidan dari teh hijau.

Sangat disarankan oleh para ahli kesehatan, selain melakukan diet dengan mengatur pola makan, para penderita glaukoma juga harus melakukan aktivitas olahraga setiap harinya. Sebisa mungkin hindari stres sebab stres adalah satu faktor yang dapat mempercepat perkembangan glaukoma.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Pastikan mata Anda senantiasa sehat sebab dengan begitu kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan tidak bakal terhambat, setidaknya oleh diri Anda sendiri.

 

Baca juga :

Diet Tanpa Sarapan Pagi, Sehatkah?

Join IMAGO Festival 2014  

PertolonganMu, Lagu Citra Scholastika yang Unik dan Menguatkan

Cara Terbaik Gunakan Media Sosial Untuk Menunjang Bisnis 

Thread Forum JC : Biseksual Atau Bukan?

Menjadi Orang Tua yang Suportif

Sumber : klikgaya.co.id / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami