Crimea-Rusia Bersatu, Amerika Protes
Sumber: Mashable.com

Nasional / 18 March 2014

Kalangan Sendiri

Crimea-Rusia Bersatu, Amerika Protes

Lori Official Writer
4719

Crimea secara resmi telah berpisah dengan Ukraina dan bergabung dengan Rusia sejak Senin (17/3). Keputusan ini justru mendapat protes dari Amerika dan berupaya menjatuhkan sanksi kepada Rusia yang dinilai telah melanggar konstitusi.

Keputusan merdekanya Crimea yang telah ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin ini bahkan tidak diakui oleh Presiden Amerika Barrack Obama. Ia menilai bahwa referendum Crimea tersebut dilakukan di bawah intervensi Rusia.

Seperti diberitakan, para menteri luar negeri Uni Eropa telah menyetujui pemberian sanksi kepada 21 pejabat Rusia dan Crimea yang terlibat dalam penyelenggaraan referendum Krimea. Pejabat yang terlibat meliputi 13 pejabat Rusia dan 8 pejabat Crimea. Mereka akan dikenai sanksi berupa larangan bepergian ke negara-negara Uni Eropa, pembekuan aset serta sanksi lain yang bakal segera menyusul.

Berdasarkan pernyataan dari Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, referendum itu dinilai tidak melalui prosedur yang benar sehingga tidak dapat diakui oleh Inggris dan komunitas Internasional. “Referendum yang dilakukan dalam kurun waktu pemberitahuan 10 hari, tanpa adanya kampanye yang sesuai ataupun debat publik. Referendum juga dilakukan saat para pemimpin politik tidak bisa datang mengunjungi Krimea dan dihadiri oleh ribuan tentara dari negara asing,” kata Hague. 

Sebagai informasi, penandatangan dekrit didasarkan kepada hasil referendum oleh sejumlah pejabat pada Minggu, 16 Maret 2014. Hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 97% pemilih memutuskan untuk berpisah dari Ukraina dan bersatu dengan Rusia.

Kendati begitu, belum diketahui pasti peran serta Amerika dan Uni Eropa ditengah konflik yang mendera Ukraina tersebut.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Komentar Sinis Para Politikus Atas Pencapresan Jokowi

Inilah Spekulasi Pilot Bajak Pesawat MH370

Pujian Jusuf Kalla untuk Jokowi

Cecep & Susi, Temukan Cinta di Balik Jeruji Besi

Program Solusi Menginspirasi Hidupku

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami