Piala Dunia 2014: Profil Timnas Amerika Serikat

Nasional / 3 February 2014

Kalangan Sendiri

Piala Dunia 2014: Profil Timnas Amerika Serikat

Yenny Kartika Official Writer
6993

Meskipun sepak bola bukan olahraga terfavorit di Amerika Serikat, torehan prestasi tim nasionalnya tidaklah mengecewakan, terbukti dari sembilan kali keikutsertaan The Stars and Stripes di ajang Piala Dunia. Prestasi terbaik dari tim yang melambungkan nama John Harkes, Claudio Reyna, dan Brian McBride ini adalah lolosnya mereka ke perempatfinal pada Piala Dunia 2002 silam.

Jurgen Klinsmann sempat diragukan saat AS kalah 2-1 dari Honduras di babak kualifikasi. Namun pelatih asal Jerman ini akhirnya mampu menepis keraguan tersebut saat menggiring Clint Dempsey dkk ke peringkat pertama di babak heksagonal (kualifikasi Piala Dunia 2014 untuk zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia yang melibatkan enam tim), sementara Kosta Rika dan Honduras masing-masing menghuni peringkat dua dan tiga. Klinsmann menerapkan formasi yang berganti-ganti dan menciptakan atmosfir penuh keyakinan dan kompetitif di tim AS.

Sulit menentukan pemain kunci di timnas AS. Selama babak kualifikasi, performa pemain Sunderland, Jozy Altidore, cukup memukau. Apalagi Altidore merupakan pasangan yang cocok bersama Clint Dempsey dalam membuat serangan. Sementara ikon sepakbola AS, Landon Donovan, tetap meyakinkan setelah sempat cuti berbulan-bulan lamanya. Donovan, bersama Michael Bradley, menjadi sepasang gelandang yang kokoh dan tak bisa diremehkan. Belum lagi kehadiran Tim Howard, kiper kedua dari AS yang terkenal dengan kemampuannya mencetak gol dari jarak 102 yard (110 meter).

Selama babak kualifikasi CONCACAF, prestasi The Yanks terbilang gemilang: total gol yang dicetak 15, kebobolan hanya 8 kali, kalah 1 kali, dan akhirnya memuncaki hasil babak heksagonal dengan selisih empat poin di atas Kosta Rika. Namun perlu diingat, keberadaan AS di Grup G dibayang-bayangi raksasa sepakbola Jerman dan Portugal. Prediksi Jawaban.com: AS kandas di babak pertama.

Berikut ini daftar 23 pemain timnas AS. Kiper: Brad Guzan, Tim Howard, Nick Rimando. Bek: DaMarcus Beasley, Matt Besler, John Brooks, Geoff Cameron, Edgar Castillo, Brad Evans, Omar Gonzalez, Michael Orozco. Gelandang: Kyle Beckerman, Alejandro Bedoya, Michael Bradley, Mix Diskerud, Fabian Johnson, Jermaine Jones, Graham Zusi. Penyerang: Jozy Altidore, Clint Dempsey, Landon Donovan, Aron Johannsson, Eddie Johnson. Pelatih: Jurgen Klinsmann.

 

BACA JUGA:

Celine Dion: Kutemukan Tuhan Bukan di Gereja

A True Story of Deborah Finley and Her Abusive Stepfather

Home Run: Pelajari Rencana Tuhan Lewat Lapangan Bisbol

Pat Robertson: Beriman Akan Masa Depan

Letusan Sinabung Telah Diramalkan Sejak Lama?

Selama Perundingan Damai Suriah, 1.900 Orang Tewas

Lukman Sardi: Attitude Jelek Bisa Matikan Karir Perfilman

Sumber : Jawaban.com | Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami